Langsung ke konten utama

Teaching at MI Al-Hidayah, Kids are just Kids.

Almost a year, ngajar di MI Alhidayah. Muridnya ada 12 anak :
1. Ila
She's maduranese, diligent. anak baik. ngga pernah buat masalah. dia juga aktif dalam pelajaran. Nice girl.
2. Nila
she talks so loud dan selalu menggunakan bahasa jawa even ngomong sama gurunya. selalu mengeluh kalo dikasih soal banyak. tapi dia nurut kalo dikasih tau dan tulisan tangganya juga rapi.
3. Putri
agak kaget juga kalo anak ini jadi ketua kelas. karena i think dia ngga ada sifat leadership. soalnya temen-temennya malah lebih galak. ha3 dia kelahiran banyuwangi. selalu mengguakan bahasa indonesia kalo ngomong sama gurunya. nice girl. tapi agak telat belajarnya. loading lama. tapi aku suka karena dia selalu mendengarkan guru dan nurut.
4. Hanun
she's quite smart. rajin juga. nurut dan selalu menyimak pelajaranku. Nice girl.
5. Dicky
He is a good boy. smart and diligent. tapi sering diperalat temennya. dibuat contek2an temen-temennya.
6. Dito
kelahiran jawa tengah. tapi nggak kalem sama sekali. dia ini suka dibully sama yang lain. melas sih. tapi ya nyebelin. soalnya dia juga ngebales ikut mbully juga. sampek kadang sering dipukulin juga. dan paling sering gak cocoknya sama si Alif.
7. Alif
Sebenernya Alif ini niat belajar serius dan mau mendengarkan pelajaran. cuma karena terpengaruh teman-teman yang nakal. dia ikut males-malesan. dia anaknya nggak bisa di didik kasar. malah teriak-teriak ngga nurut gitu. minta dialusin terus. apa karena dia anak terakhir dari 2 bersaudara kali ya.
8. Arifin
Nama ini ada kenangan tersendiri buat aku. he3 well, anak ini males banget. dia nakalnya ikut2an. dia ini anak pindahan dari SD lain. kemampuan yan under rata2 lah. uda ngga bisa, males lagi. perlu selalu di gertakin. tapi alhamdulilah dia anak yang penurut.

Nah itu tadi List anak2 baik MI Alhidayah kelas 6. sekarang daftar anak2 trouble makernya nih:
9. Ananta
ngga bisa nulis, males, suka teriak-teriak, suka mukulin temennya. perlu di dampingin terus sepanjang pelajaran. soalnya kalo ngga gitu, dia gangguin temennya mulu. nulisnya aja pake di dikte.
10. Aditya
actually he is a good boy. dia anak piatu. mungkin karena kurang pengawasan orang tua. dia suka meragain tingkah2 porno dikelas. kalo disuruh nulis nurut, tapi kadang malah nyuruh temennya yang lain buat nulisin dia. biasanya dito yang disuruh. tapi dia kalo di semangatin di kasih perhatian dia mau kok nurut menyimak pelajaran.
11. Noval
Dia sebetulnya pinter. gampang nangkep pelajaran. tapi males banget. minta buru2 pulang aja. apalahi kalo gandengannya wafiq. wah komplit deh nakalnya. gangguin temen2nya dan komporin temen2nya untuk keluar kelas.
12. Wafiq
Ini boss genknya. anaknya kecil mekitik. ceriwis, males, suka mukul. biang resek pokoknya. di kasih perhatian dan semangat ya tetep aja mbulet. trouble maker deh.

Setiap sabtu itu aku selalu stress walaupun ngajar cuma sejam anak2 ini aja. sampek akhirnya alhamdulilah dapet saran dari mbak ayu untuk dengerin ceramah aa gym. darisana aku sadar bahwa semua makhluk di dunia ini adalah ciptaan Allah. anak2 ini juga ciptaan Allah. Allah maha pembolak-balik hati manusia. ya Allah hamba mohon jadikan anak2 didik hamba menjadi anak2 yang soleh dan soleha, anak2 yang berakhlakul karimah. Maha suci Allah, Allah mengabulkan doa hambanya. sungguh luar biasa rencana Allah itu indah.
pertama, tiba-tiba ada guru yang datang mengawasi mereka agar tidak keluar kelas. dalam hati, subhanallah allah maha menyaksikan. dan tentunya guru ini bukan hanya datang dengan tidak sengaja. Allah lah yang menggerakan guru ini untuk datang dan mengawasi anak2 yang berkeliaran diluar kelas.
pertemuan selanjutnya, tiba2 temenku febri datang. dia sudah selesai PPL. ini bukti Allah menjawab doaku. si Febri ini kok ya stay aja di kelasku. jadi anak2 nurut semua. soalnya mereka takut sama febri.
Terus aku disaranin febri untuk membuat worksheet. karena mereka itu malas nulis. dan pas guru nulis, darisitulah mulai mereka rame.
Next week, aku uda siap worksheet. but mereka males nulis. akhirnya aku marah kan. karena mereka kalo dimarahin sama guru2nya, mereka nurut. dan marahnya itu bener2 high tone, dan keras gitu. astaghfirullah, aku langsung gemeter. ak nada tinggi, mereka malah nada tinggi. dan disaat mereka takut karena aku marah2. itu diamnya bentar doang. ngga efektif. aku salah. karena menyuruh mereka jangan teriak, tapi aku sendiri teriak. darisitu i have to review about myself. karena ini ngga bener dan harus dirubah.

sampai akhirnya aku disaranin mbak ayu nonton "supernanny". disitu isinya teknik2 menghadapi anak2 nakal. salah satunya dengan naughty chair untuk anak <7 tahun dan naughty room untuk anak >7 tahun. dan aku aplikasikan ke murid2ku. tapi berhubung tidak ada naughty room, aku jadi pake chair aja.
sebelum pelajaran aku jelaskan kepada mereka bahwa saya yang mengatur kelas ini dan saya telah membuat peraturan.
1. No Fighting.
2. No Hitting.
3. No Yelling.
4. RESPECT.
bagi yang melanggar akan dikenakan peringatan selama 2x, lebih dari itu harus duduk di kursi nakal selama 10 menit. tidak bole kemana-mana sebelum saya datang menghampiri dia dan dia harus minta maaf terlebih dahulu. bagi yang mematuhi, setiap minggu akan di beri bintang. dan yang mengumpulkan 4 bintang akan mendapatkan hadiah. mereka setuju. dan sekarang aku tidak perlu marah2 berteriak2, cukup dengan nada tegas, eye contact dengan mereka bilang bahwa apa yang dia lakukan adalah keliru. dan ini ada peringatan. jika mereka melakukan lagi, hukumannya duduk selama 10 menit di kusi nakal. and it works.. Alhamdulilah.

Meeting I - 28 Nov 2015
Topic : Food and Drink
- guru mengenalkan vocab tentang membuat masakan atau minuman dengan cards. mereka diajak untuk menirukan kata demi kata plus artinya.
- guru menunjukan langkah-langkah "how to make Indomie" dengan media gambar. aku pilih indomie karena mereka sangat akrab dengan makanan ini dan pasti pernah membuatnya.
- mereka berkelompok presentasi didepan menunjukan cara bagaimana membuat jus/pop ice dll sesuai hasil lotre.
- guru memberi worksheet yang isinya teka-teki tentang nama2 makanan sehat.
- guru menunjukan gambar berwarna tentang makanan dan minuman. do you like ...?

the result : mereka antusias dengan adanya presentasi berkelompok dan mereka suka sekali dengan media kartu bergambar. juga mereka senang karena tidak perlu menulis. cukup banyak bicara in english. topicnya juga ringan. sehingga mereka bisa mengikuti semua.

kenapa aku kasih topic food and drink padahal mereka uda kelas 6 yang mau UN. karena it didn't work. kondisinya mereka bahasa inggrisnya nothing. dan mereka ngga worried soal UN. kalo dibanding soal uas mereka, materinya uda jauh banget dan mereka tidak paham apa itu. yasudah toh my goal is they know what is English and how to apply in daily conversation. kalau untuk pelajaran UN, berdoa sajalah ya Allah selamatkanlah anak2 didik kami. amin.

Next topic materinya apa ya.. ?! thinking hard. he3
anyway, kuncinya adalah doa kepada yang maha baik dan menyiapkan materi. senakal apapun mereka, Kids are just Kids. they need us to love them, give more affection and attention.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Watak secara Teoritis, by dr. Aisyah Dahlan

  Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. Q.S. Al Isra:84 Setiap orang punya 2 jenis watak, yaitu watak dominan dan kombinasi. Watak merupakan program fitrah dari allah. Allah mengilhamkan kebaikan dan kelemahan untuk kita selalu berikhtiar mengatasi kelemahan itu. Watak bisa dibentuk dengan cara didikan dari orang tua dan lingkungan. PHLEGMATIS – Hasrat Damai >> Kekuatan: 1.       Senantiasa berhasrat damai. 2.       Diplomatis. 3.       Tenang dan praktis. 4.       Senang dengan pekerjaan yang rutin. 5.       Dapat diandalkan. 6.       Mengerjakan sesuau dengan rileks dan mencari cara yang mudah. 7.       Menghindari konflik. 8.       Humoris (kadang garing). 9.       Suka mengerjakan satu hal dalam satu waktu. >> Kelemahan: 1.       Sulit mengambil keputusan. 2.       Sering kurang antusias. 3.       Tekad baja tersembunyi. 4.       Energinya habis karena sering

(Pengalaman) Daftar S2 di UNAIR Surabaya prodi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) 2017

Assalamualaikum, kali ini aku akan share pengalamanku daftar di Unair yang mungkin akan jadi one of my unforgettable experience J   Source: google Juni 2014, aku lulus S1 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) jurusan sastra inggris. Alhamdulilah langsung diterima kerja di perusahaan yang bergerak dibidang cargo & marine surveyor. Darisini sebenernya uda ada niatan lanjut S2. Cuma.. aku inginnya biaya sendiri dan alhamdulilah baru terealisasi tahun ini. Jadi selama 2 tahun nunggu itu aku cari2 info mau kuliah dimana, jurusan apa, setelah lulus ngapain, dll.. sambil nabung. Akhirnya mantap di Unair jurusan PSDM. Desember 2016, aku mulai aktif kepoin webnya Unair http://ppmb.unair.ac.id/web/site/magister . sampek uda masuk februari kok belum juga di update nih webnya, masih yang lama yang 2016-2017. Waktu hari sabtu, aku pergi ke unair B soalnya setau aku ada kelas akhir pekan. Nyampe sana aku tanya pak security, katanya kampus libur dan kalo mau cari info soal PPMB bisa

Contoh naskah Public Speaking tentang Healthy Food Healthy Skin

“You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day. Or … Guys, do you want to have beauty and healthy skin like the actress in the video before? Do you think,What does she do? .. yah certainly beauty and healthy skin are strong desire for everyone. A very good morning to the honourable lecturer and friends. Assalamualaikum wr wb My topic today is the important fruits and vegetables for healthy skin. Guys .. who doesn’t want to have beauty and healthy skin? Everyone must want it .. beauty and healthy skin are strong desire for everyone. ( everyone must want beauty and healthy skin, that’s why there is a term “You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day ) so, how is that healthy skin actually?