Langsung ke konten utama

(Pengalaman) Daftar S2 di UNAIR Surabaya prodi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) 2017

Assalamualaikum, kali ini aku akan share pengalamanku daftar di Unair yang mungkin akan jadi one of my unforgettable experience J  

Source: google
Juni 2014, aku lulus S1 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) jurusan sastra inggris. Alhamdulilah langsung diterima kerja di perusahaan yang bergerak dibidang cargo & marine surveyor. Darisini sebenernya uda ada niatan lanjut S2. Cuma.. aku inginnya biaya sendiri dan alhamdulilah baru terealisasi tahun ini. Jadi selama 2 tahun nunggu itu aku cari2 info mau kuliah dimana, jurusan apa, setelah lulus ngapain, dll.. sambil nabung. Akhirnya mantap di Unair jurusan PSDM.

Desember 2016, aku mulai aktif kepoin webnya Unair http://ppmb.unair.ac.id/web/site/magister. sampek uda masuk februari kok belum juga di update nih webnya, masih yang lama yang 2016-2017. Waktu hari sabtu, aku pergi ke unair B soalnya setau aku ada kelas akhir pekan. Nyampe sana aku tanya pak security, katanya kampus libur dan kalo mau cari info soal PPMB bisa langsung datang ke gedung ACC bagian PPMB di kampus C, buka senin-jumat jam kerja. Tapi gak mungkin dong, masak cuti cuma buat cari info aja. Akhirnya aku minta tolong adikku yang kebetulan juga kuliah disitu buat ngambilin brosur S2. Akhirnya aku dapet sekitar 9 brosur program magister di sekolah pascasarjana Universitas Airlangga, ada prodi PSDM, kajian ilmu kepolisian, Ilmu forensik, manajemen bencana, dll .. dan aku cocoknya di PSDM soalnya pas banget sama permasalahan di kerjaanku J

Sekitar 8 Maret 2017 kalo tidak salah, waktu aku buka webnya alhamdulilah uda diupdate periode 2017-2018. Disitu pendaftaran online tanggal 1-28 Maret dan sekarang baru diupdate, apa aku yang telat infonya he3..  terus aku lihat bagian biaya pendidikan aja yang belum diupdate. Setelah aku baca semua persyaratannya, aku cuma belum punya sertifikat akreditasi BAN PT nih. Karena di webnya, untuk PSDM tidak ada pernyaratan khusus seperti toefl, essay dll. Tapi untuk memantapkan diri, aku telepon ke fakultas di nomer telepon yang ada di brosur. Dan kata ibu bagian akademik di telepon, perlu melampirkan seritifikat TOEFL yang masih aktif, berapapun nilai. Katanya agar bisa tau kemampuaan bahasa inggrisnya nanti kalau masih dibawah standard kelulusan S2 bisa ngulang test lagi saat sudah menjadi mahasiswa. Well, akhirnya aku cari jadwal test ielpt di Unair yang testnya dalam minggu ini. Ohiya, test toefl gak harus di Unair, bisa dilembaga/Uni lain. Terus, berhubung program test yang biasa di Unair uda penuh terpaksa aku daftar yang requirement ielpt, waktu itu biayanya 200 ribu weekday belum termasuk cetak sertifikat. Lumayan mahal sih karena 2x nya yang biasa, tapi mau gimana lagi inilah akibatnya nggampangin sesuatu, apa2 sukanya yang mendadak dangdut :p 



Brosur Magister PSDM

14 Maret 2017, aku ijin cuti sama atasan. Wah kesempatan langka nih bisa cuti, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin :p jadi jam 09:00 aku test ielpt, siangnya ke Unesa ngurus legalisasi sertifikat BAN PT.  Alhamdulilah ngurus legalisasi BAN PT di unesa gak susah, kalo untuk jurusan sasing.. kamu minta fotocopinya di admin jurusan (mas didik) terus dilegalisir di fakultas. Waktu itu aku dikasih 2 lembar fotocopy, kalo mau lebih.. bisa dicopy sendiri. 2 aja cukup pikirku. Legalisir cuma nunggu sekitar 3 jam dan bayar 2 ribu/lembar karena kebetulan pak dekan ada di fakultas , nunggunya itupun karena pak dekan ada kunjungan dari uni lain.

15 Maret 2017, hasil test ielts sudah bisa dilihat di web pusat bahasa. Dan hasilnya lumayan wow, ternyata turun nilaiku L waktu terakhir kali test ITP 2 tahun lalu 533 sekarang jadi 493. Nilai yang paling jelek ada di structure :p . 16 Maret 2017, sertifikat ielts udah bisa diambil. Alhamdulilah uda komplit nih persyaratannya cuma tinggal nunggu update-an info biaya pendidikan perkuliahan tahun 2017-2018. Semua berkas2 sudah mulai aku upload di web https://pendaftaran.unair.ac.id/home  kecuali form pernyataan sp3 karena belum tau biaya pendidikan periode 2017-2018.

21 Maret 2017, uda minggu terakhir pendaftaran nih, tapi info biaya belum juga di update L akhirnya aku telepon di nomer helpdesk yang ada di web ppmb unair tapi semua nomernya tidak aktif, it’s weird.. knp masih dipasang disitu. Yaudah aku telepon di fakultas langsung aja di nomer telepon yang ada di brosur. Lalu aku disambungkan ke bagian akademik. Bapaknya bilang belum ada surat keputusan dari pak rektor mengenai biaya tahun ini terus aku diminta isi sesuai biaya yang lama dulu, nanti kalau ada perubahan akan diberitahu oleh tim verifikasi. Oke I will do, upload done!

23 Maret 2017, aku baru cek lagi apa uda di verifikasi atau belum. Ternyata ada yang belum terverifikasi dan diminta untuk melengkapi surat ijin atasan bagi yang aktif bekerja dan pernyataan sp3 terbaru. Wah perlu melampirkan surat ijin atasan nih, jadilah aku googling cari model suratnya seperti dibawah ini. Tinggal pernyataannya nih yang belum. Masih ada sisa waktu perbaikan s.d. 30 Maret. Aku tinggal nunggu aja nih.

Surat Ijin Atasan

 24 Maret 2017, 17:46 PM, aku dpt sms dari tim PPMB. Katanya biaya pendidikan uda diupdate dan diminta segera menyesuaikan. Buru2 aku buka webnya, eng ing eng!! Naiknya lumayan dari tahun kemarin. Biaya sp3 PSDM 2016 7,500.000 jadi 2017 10,000.000. Belum lagi biaya sopnya, O_O Stay cool naning.. *sambil cek rekening cukup gak nih ha3 :P


SMS pemberitahuan biaya SP3

27 Maret 2017, aku uda bisa upload perbaikan berkas2nya. Sekitar 2 hari kemudian dinyatan lolos verifikasi bisa langsung bayar di bank mandiri, bisa lewat teller, atm, atau e-banking. Biaya pendaftaran untuk PSDM  700.000. karena gak punya rekening mandiri, aku bayar lewat teller dengan menunjukan kode voucher pendaftaran. Selesai bayar, langsung bisa cetak kartu ujian.

Kartu Peserta

09 April 2017, pagi jam 7 aku berangkat dari rumah sama adikku yang kebetulan dia juga ada test ielts di Unair. Aku test di Unair B Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sampek sana jam 7.30, peserta test bias melihat ruangan test dikertas yang di tempel di pintu masuk. Ruanganku ada di 203 lantai 3. Langsung saja aku menuju ruanganku. FEB ini denger2 sih termasuk salah satu fakultas elite di Unair, ada fasilitas lift. Maklum dulu Unesa gak ada :p, tapi waktu test aku gak liat ada yang pake lift, pake tangga biasa, itung2 olahraga J waktu sampek lantai 2, aku mampir dulu ke toilet, kebiasaan sebelum test gini nih.. he3 Terus jam 8.45 aku masuk ruangan, lah kok sudah dimulai mengisi identitas di LJK, waktu itu semua sudah duduk di kursi tinggal 3 orang aja yang belum datang termasuk aku. Waktu masuk ruangan, hape harus di matikan/silent, jaket harus dilepas. Terus waktu di ruangan ada mas2 yang ndak kuat dingin, dia minta di kecilin ACnya dan luckly, bapak pengawas baik banget. Meski uda dikecilin nih AC, si mas ini masih dingin, akhirnya boleh pake jaket tapi jaketnya diperiksa pengawas dulu. Jam 8 tet, mulai ngerjakan soal TPA 60 soal, ada soal verbal, numerik, dan logika. Alhamdulilah, soal yang ngitung2 Cuma 10an nomer, soalnya aku paling gak suka ngitung. Ada soal deret 5 nomer tapi gak ada yang aku bisa, padahal uda belajar di rumah. Tapi guys, kalo ada soal yang kamu gak bias, sebaiknya kamu isi ngawur aja berdasarkan feeling daripada kosong. Karena jika salah, tidak ada pengurangan nilai. Untung2 kalo bener. Karena waktunya Cuma 60 menit, kalian jangan kebanyakan buang waktu untuk mikir disoal yang susah. Soalnya pengawas ketat, setelah 60 menit langsung diambil soalnya. Oh iya, kamu bisa coret2 di lembar soal buat ngitung2. Oke, waktu selesai untuk TPA, sedih banget ada 2 nomer yang aku ndak isi, aku pikir nanti aku perbaiki di akhir2 waktu. Kedua, 60 menit lagi untuk soal bahasa inggris, ada 60 soal. 1-50 soal soal2 pendek soal structure, adjective clause, adverb clause, tenses dll. 10 soal soal bacaan, ada 1 bacaan yang panjangnya 1 lembar men.. and again pengawasnya ketat, waktu selesai gak sempet ngawur jawaban yang kosong tadi akhirnya sekitar 4 nomer aku kosong hu2 so sad! Soalnya ibu pengawasnya uda mau ngambil aja LJKku. Oh iya, 1 ruangan sekitar 40an peserta dari berbagai prodi yang dipilih dengan 3 pengawas ujian. Selesai test tulis sekitar 2 jam terus kita diminta lihat ruangan untuk test wawancara di kertas yang ditempel di dinding luar ruangan. Waktu keluar ruangan, beuh.. padat merayap men.. tapi tetap aman tertib J aku dapat ruangan 202 lantai 3, bodonya aku ko gak kepikir itukan ya deket2 ruangan test tulis tadi, ha3 gitu ya aku muter2 nyari ruangannya, soalnya tadi pengawasnya bilang untuk kelas magister biasanya sebelah sana, disini untuk doktor. Udah nemu nih kelasnya, tulisannya jam 11.30 dimulai, ada 4 kelompok, 3 kelompok untuk magister dan 1 kelompok untuk doktor, ini khusus untuk jurusan PSDM saja. 1 kelompok magister sekitar 6-7 orang. Berhubung namaku diawali NA, aku dapet nomer 1 di kelompok 3 nih. Aku pikir masih lama lah kelompok 3, aku ke toilet dulu he3. Waktu balik, lah kok namaku uda dipanggil 2 kali kata bapak2 yang sama2 nunggu depan ruangan. Pelajaran nih, pokoknya buat kamu yang mau wawancara s2 unair, jangan kemana2. Alhamdulilah, setelah peserta ke 3, namaku dipanggil lagi. Aku masuk ke ruangan, waktu itu diwawancarai sama bapak Win … aku lupa panjangnya apa dan gelarnya apa. Aku lupa juga, aku langsung duduk tanpa diminta duduk, aduh! Terus aku bilang aja spontan, permisi pak. He3 kurang lebih ini pertanyaan wawancaraku sama Bapak Win (BW):

BW: kemana aja kamu, tadi dipanggil kok ndak ada.
ME: iya pak maaf tadi saya ke toilet.
BW: kamu sudah kerja?
ME: sudah pak.
BW: GIM services pest control? Itu yang pembasmi hama itu ya?
ME: benar pak.
BW: kamu bagian apa?
ME: admin staff pak.
BW: kerjanya ngapain?
ME: membuat laporan dari orang lapangan. *(he3.. is it smart answer?! Tau ah)
BW: bisa kamu buat laporan?
ME: bisa pak, bisa dipelajari.
BW: toeflmu brp?
ME: 493 pak.
BW: kenapa kok ragu2 ngomongnya.. kamu sastra inggris ya, kok 493 toeflnya. *(nyelek langsung ha3)
ME: iya pak karena saya sudah 2 tahun kerja jadi agak lupa structurenya.
BW: oh kamu barusan test ya.*(ealah ternyata toeflnya ndak harus aktif, tau gitu pake toefl 2 tahun lalu :P) kenapa kamu pilih PSDM? PSDM itu apa sih?
ME: karena saya ingin mempelajari lebih dalam mengenai persoalan yang ada di kerjaan saya. Lebih banyak permasalahan ada di SDM nya. PSDM itu ilmu bagaimana mengontrol orang.
BW: bukan itu, PSDM itu belajar soal ….  (beliau menjelaskan panjang lebar soal PSDM yang beberapa aku uda lupa :p)
BW: Kamu tau darimana PSDM ini?
ME: dari brosur unair. Jadi saya minta tolong adik saya yang kuliah disini untuk mengambilkan brosur S2. Akhirnya saya cocok di PSDM.
BW: lo adikmu kuliah disini? Jurusan apa?
ME: sastra Indonesia pak.
BW: kamu ini biaya sendiri?
ME: iya pak
BW: gajimu berapa?
ME: diatas UMR pak.
BW: bisa kamu nabung?
ME: bisa pak. *(dari tadi very short answer, efek gugup ha3)
BW: kamu ingin S2 kemauan sendiri atau disuruh bapak?
ME: kemauan saya sendiri pak.
BW: kamu pilih masuk malam, bisa kamu?
ME: bisa pak. Saya selesai kerja jam 5.
BW: kuliah dimulai jam 6 loh. Gak ada lembur2?
ME: bisa pak. Saya sudah ijin atasan saya.
BW: kantormu ini dimana?
ME: di sukomanunggal daerah Surabaya barat pak.
BW: kamu kos?
ME: tidak pak, saya tinggal sama orang tua. Domisili Surabaya.
BW: kamu belum menikah atau uda married?
ME: belum pak.
BW: kenapa ko ndak married? Hehe.. ndak ko *(~eh si bapak ngajak becanda) yasudah ndak ada masalah. silahkan ditunggu pengumumannya ya. *(sambil jabat tangan)

Wawancara berlangsung sangat singkat dan tidak terlalu formal alhamdulilah sekitar 8 menitan gitu. Jadi total test, 2 jam test tulis dan -+ 15 menit test wawancara (plus nunggunya) jam 11.30 go home… what an amazing day!


19 April 2017, 19:00 PM, hari pengumuman nih. Abis sholat isya jam 7 tet aku penasaran cek lewat hp, mudah2an aja gak lemot :p ternyata web yang di link di akun pendaftaran online gak bisa dibuka. Terus aku buka web ppmb, ternyata pengumuman diundur tanggal 20 April 2017 J



20 April 2017, jam 07:00 pagi aku cek lewat hape tetep belum keluar. Siang dikantor aku buka lagi, tetep belum ada. Mungkin jam 19:00 pikirku. Sepulang kerja, aku cek lagi ternyata baru bisa dilihat jam 23:00. Yasudahlah dilihat besok aja dan aku ketiduran. Tapat jam 11 kurang 10, tiba-tiba aku kebangun.. tanpa alarm. Gak biasanya nih.. he3 langsung aku cek lagi. Waktu buka webnya, ketawa sendiri lihat webnya ini.. pake dimenitin segala kayak mau tahun baru. J yasudahlah aku pake cuci piring.. sambil cepet2 :p


23:00 tepat, webnya macet. Aku coba reload. Terus muncul masukan nomer peserta. Aku ketik nomernya, dan hasilnya… Tara…!!! 


Alhamdulilah... J

Komentar

  1. wah terimaksih atas sharingnya mba. kebetulan aku juga mau lanjut s2 jurusan pengembangan sdm. cuma masih mau tau prosedur2 tesnya bagaimna.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum kak, kak mau annya apakah di unair bisa mengajukan tunda kuliah... bukan cuti. Tapi begitu diterima apakah bisa mengajukan penundaan kuliah... terimakasih. Mohon balasannya kak

    BalasHapus
  3. Waahhhhh,, sangat menginspirasi, gilak ya.. kamu dari sasing pinterbanget nulisin narasi pengalamanmu sebagus itu.. salam kenal ya, aku juga dari sasing lulusan 2018 ini.

    BalasHapus
  4. hai mbak mau tanya dong.. saya sekarang sedang pendaftaran online magister di unair. nah pada upload file surat SP3 selalu disalahkan terkait penulisa prodi. itu format penulisan prodi pilihan yang benar bagaimana ya mbak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Watak secara Teoritis, by dr. Aisyah Dahlan

  Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. Q.S. Al Isra:84 Setiap orang punya 2 jenis watak, yaitu watak dominan dan kombinasi. Watak merupakan program fitrah dari allah. Allah mengilhamkan kebaikan dan kelemahan untuk kita selalu berikhtiar mengatasi kelemahan itu. Watak bisa dibentuk dengan cara didikan dari orang tua dan lingkungan. PHLEGMATIS – Hasrat Damai >> Kekuatan: 1.       Senantiasa berhasrat damai. 2.       Diplomatis. 3.       Tenang dan praktis. 4.       Senang dengan pekerjaan yang rutin. 5.       Dapat diandalkan. 6.       Mengerjakan sesuau dengan rileks dan mencari cara yang mudah. 7.       Menghindari konflik. 8.       Humoris (kadang garing). 9.       Suka mengerjakan satu hal dalam satu waktu. >> Kelemahan: 1.       Sulit mengambil keputusan. 2.       Sering kurang antusias. 3.       Tekad baja tersembunyi. 4.       Energinya habis karena sering

Contoh naskah Public Speaking tentang Healthy Food Healthy Skin

“You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day. Or … Guys, do you want to have beauty and healthy skin like the actress in the video before? Do you think,What does she do? .. yah certainly beauty and healthy skin are strong desire for everyone. A very good morning to the honourable lecturer and friends. Assalamualaikum wr wb My topic today is the important fruits and vegetables for healthy skin. Guys .. who doesn’t want to have beauty and healthy skin? Everyone must want it .. beauty and healthy skin are strong desire for everyone. ( everyone must want beauty and healthy skin, that’s why there is a term “You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day ) so, how is that healthy skin actually?