Langsung ke konten utama

A hundred story in Makkah & Madinah

18 Jan 2020. How can I not adore every breath in those 2 holy cities.

Bismilahirohmanirrohim. Kali ini aku akan bercerita tentang perjalananku selama mengikuti program umroh 9 hari tanggal 08-16 Jan 2020 bersama Relasi Laksana Wisata tour and travel Surabaya. Again, I won’t be able to forget every single time spending there. It was so amazing!

Rabu, 08 Jan 2020.

Kita berkumpul di hotel IBIS Budget Juanda untuk mendapatkan manasik singkat sebelum keberangkatan. Jadwal keberangkatan Sub-Jed pukul 16:15 WIB. This is our first time going by plane. :D

depan hotel IBIS budget Juanda

proses sa'i

bukit shafa

gedung dibelakang adalah start shafa

Sa'i sepanjang bangunan ini
Selesai umroh

galon-galon air zam-zam

Ka'bah

perluasan Masjidil Haram

Zam-zam tower

masih banyak crane dalam rangka perluasan masjid

Kota Makkah Al Mukaramah

Burung-burung di Makkah

Kamis, 09 Jan 2020.

Sesampainya di bandara King Abdul Aziz Jedah pukul 22:35 waktu Saudi, Kita ambil miqat bersama di bis dan melakukan perjalan ke hotel Saraya Makkah sekitar 2 jam. Selama perjalanan Kita mengucapkan kalimat talbiyah. Setibanya di hotel, Kita meletakan koper di kamar dan pergi ke Masjidil Haram untuk melakukan umroh. Oh iya, ada insiden kecil, waktu masuk ke kamar, ada burung merpati (arab: khamma *kata ust. Bilal) mati sebelah kasur aku. Terus aku panggil OB nya, tapi dia gak paham bahasa inggris dong. Aku bilang, there’s a bird died in my room, could u please clean and spray it. Tapi dia balasnya bahasa arab, udahlah ya yg penting dia uda ambil burungnya walau blm di spraying, soalnya keburu mau thawaf. The first time I saw Ka’bah directly, harum banget.. masyaallah merinding. Kita langsung Thawaf jam setengah 4 sampai waktu subuh, kemudian Kita sholat subuh dulu dan melanjutkan Sa’I dilanjut dengan Tahalul. Selama umroh, banyak sekali doa-doa yang aku panjatkan kepada Allah, mulai dari keselamatan akhirat dan the most important is Jodoh :D

Hotel di Makkah

Sore hari, Kita diajak oleh ustadz Bilal untuk mengunjungi rumah kelahiran Rasulullah yakni dibelakang Masjidil Haram sekaligus berdekatan dengan sumber air zam-zam.

rumah kelahiran Rasul

Foto bareng :D

tempat sumber air zam-zam

kran-kran pengambilan air zam-zam

Jumat, 10 Jan 2020.

We did sholat jumat in Makkah, so great time.. selama mengikuti program ini, alhamdulilah Kita selalu melaksanakan sholat tahajud dan sunah2 lainnya. Masyaallah! Sungguh alhamdulilah mendapatkan kesempatan berkunjung kesini.

First time ketika masuk masjidil haram, aku langsung scanning atmosphere sekitar masjid. Mengamati arsitektur bangunan, macam2 orang disana, dan cara bersedekah disana. Disana tidak ada kotak infaq. So kalau mau sedekah kemana ini, pikirku begitu. Kemudian aku lihat orang2 bersedekah ke petugas kebersihan atau ke jamaah lain dengan cara berbagi makanan. Diluar masjid juga, aku sesekali melihat ada pengemis. Saat itu aku sedang mengambil foto jalanan Makkah, tiba2 ada ibu2 menghampiri aku, aku pikir dia menawari untuk motoin, dari awal aku uda parno kalo dia akan ngecharge biaya jasa motoin per jepretan, kayaknya aku terpengaruh vlog dari Muhammad putra setia deh. Jadi preventif dulu gitu.. gak taunya dia itu pengemis. Soalnya aku gak paham bahasa arab. Masyaallah nyesel banget. Besoknya aku cari pengemis ko gak ada yah.. tapi alhamdulilah akhirnya ketemu kok. So buat diri aku sendiri, aku bilang kalo mau ngasih orang, gak usah mikir negatifnya dulu. Cz we never know what makes them like this.

Bangunan baru Masjidil Haram

Oh iya, perempuan arab disana, masyaallah cantik2. Kulitnya glowing and flawless. Aku langsung membayangkan, mungkin wajahnya Aisyah itu seperti ini ya.. masyallah cantik sempurna banget, mereka juga stylist meskipun ditutup jubbah hitam. Tapi sepatu dan tasnya bagus2.

selepas sholat Jumat di Makkah

Sabtu, 11 Jan 2020.

Today we’d like to have a city tour in Makkah. Kita mengunjungi Jabal tsur, Jabal Rahmah, dan padang Arafah. Bagi singlelilah nih, yang paling menarik adalah bukit kasih sayang alias Jabal Rahmah :D

Jabal tsur

Jabal Rahmah

tugu Jabal Rahmah

Penjual di puncak Jabal Rahmah

Kesalahan beberapa pilgrims

es krim di Jabal Rahmah (not too good taste)

Tenda-tenda mina

Ada cerita menarik ketika di Jabal Rahmah, waktu itu diberi kesempatan 15-30 min untuk keliling bukit tsb. Aku dan bu Avita berniat untuk naik ke atas. Di youtube, aku lihat ada akses tangga untuk ke atas. Tapi Kita kumpulnya di balik bukitnya. So Kita naik dengan cara hiking awalnya, haha. Agak bahaya sih. Sesampainya diatas, ada tugu monument gitu sebagai penanda tempat bertemunya nabi Adam dan Siti Hawa. Jelas2 di tugu tsb tertulis beberapa kesalahan pilgrims di Jabal Rahmah, yaitu menulis di bebatuan atau tugu monument tsb dan menyembah atau sholat mengahadap tugu. Tapi tetep aja orang2 melakukan itu, entah gak bisa baca atau bagaimana I don’t know either. Terus setibanya di atas bukit, gak ada yang jual minum hehe.. yang banyak itu tasbih, buah2 untuk kesuburan gitu. Aku pikir, why…??? Padahal jual minum kan prospek banget abis capek mendaki kan orang haus :D yaudalah akhirnya Kita turun lewat tangga, nah tuh bingung soalnya berangkat dan pulang beda jalan. Haha.. tapi akhirnya kita menemukan rombongan dengan mengetahui tanda bendera kuning dari kejauhan. Cerita menarik lainnya ketika di Jabal Rahmah, ada orang mesir minta foto bareng kita dong. Merasa insecure, aku pun bilang. No no thanks.. bukannya sombong gt, tapi bapaknya itu raut mukanya mencurigakan gitu lo. Hehe, kita gak bakat jadi selebgram ya :D

Minggu, 12 Jan 2020.

selepas thawaf wada'

Roof top Masjidil Haram

It’s time to leave Makkah. So sad!
Ustadz Bilal memimpin rombongan untuk thawaf wada’. Kemudian Kita melanjutkan perjalanan ke Madinah al munawarah, kota yang sangat ngangenin banget damai dan ademnya.. :D Kita tiba di Madinah sore sehingga tidak sempat untuk sholat maghrib di masjid.

bis aku foto biar gak lupa angkanya :D

Hotel di Madinah

Senin, 13 Jan 2020.

Kota Madinah, kota yang sangat indah sekali, bersih, sejuk, damai, menyenangkan. Sore hari Kita diajak oleh ustadz Bilal untuk keliling masjid nabawi, melihat masjid ali, masjid abu bakar, kubah hijau, dan makam baqi’. Lanjut malamnya, Kita dipimping oleh muthawiffah untuk masuk ke raudhah.

Masjid abu bakar

Toilet & tempat parkir Masjid Nabawi, dibedakan berdasarkan beberapa kategori; women, men, dan family. Masyaallah!

kubah hijau

pintu masuk no. 1 - RAUDHAH bagi laki-laki

Payung cantik Masjid Nabawi

Masjid Nabawi dalam perluasan

Masyaallah, kagum banget setiap detailnya :D

Sun rise di Nabawi, Cantik ya :D

Galon-galon air zam-zam. Di Nabawi air zam-zam hanya ada pada galon-galon saja.

Galon-galon air zam-zam

Pintu 28 - entrance perempuan

Pintu 24 & 25 - entrance perempuan

Pintu 26 - entrance perempuan

Sun set di Madinah, cantik banget kan :D

Payung Nabawi Masyaallah :D

Indah banget :D

RAUDHAH – Masyaallah, unforgettable experience! Rasanya deg2an nano nano. :D kita masuk mencari shaf waktu isya itu udah full orang. Kita meloncat2 shaf dimana itu sangat tidak sopan bila di Indonesia. Tapi muthawiffa bilang gpp karena itu adalah adat disini. Kita di minta untuk duduk saja. Tapi duduk dimana, semua shaf penuh. Akhirnya rok aku ditarik2 orang arab yang aku berdiri didepannya. Dia memberikan isyarat aku untuk duduk saja. Nanti kalau uda takbir, shafnya bisa rapat dan aku akan dapat space. Pengalaman itu bikin deg2an banget. Soalnya Kita maksa banget duduk ditempat sujudnya orang lain. masyaallah! Terus ada orang Pakistan negur aku, ini aku bahasain aja ya. Maksud dia itu, aku gak boleh di depan org sholat, soalnya ini buat sujud. Tapi alhamdulilah dibelain sama orang arab itu, katanya gpp nanti allahuakbar aku bisa disamping. Sedangkan aku cuma bisa bersyukur ada org arab ini, baik bgt. Selepas isya, kita merapat, sekitar 1 jam menunggu gerbang dibuka jam 9 malam. Tepat jam 9, askar perempuan udah menjauh dari gerbang. Dari dalam gerbang dibuka oleh askar laki2. Otomatis semua orang berlari sekencang-kencangnya masyaallah.. dalam kelompok kita ada ibu2 umur 60an, beneran kita harus marathon demi mendapatkan tempat terdepan terbaik dekat makam rasul. Kita ucapkan salam kepada rasul, abu bakar, dan umar bin affan. Kemudian bergantian sholat taubat dan sholat hajat. Rasanya masih deg2an masyaallah. Semua menangis sedangkan aku masih speechless melihat ruangan sekitar mencari mana kamar rasulullah. Karena ada pembatas sebagai penutup bagi perempuan. Cukup singkat kurleb 5-8 menit saja, kitapun keluar. Masyaallah! Aku blm khusuk uda waktunya keluar aja :( . I’ve been waiting so long for having this precious time and it passed so quickly. Yaudah, mudah2an bisa mengunjungi raudhah kembali. Amin.

Selasa, 14 Jan 2020.

Madinah memanglah kota yang indah banget. Hari ini kita diajak untuk city tour keliling kota Madinah al munawarah. Diperjalanan kita ditunjukan beberapa masjid dan tempat bersejarah di Madinah, ada masjid al-qiblatain, masjid bilal, dll. Kemudian kita berhenti di Masjid Quba. Disana kita melakukan sholat sunnah 2 rakaat yang insyaallah pahalanya sama dengan 1 kali umroh. Kemudian kita mengunjungi jabal uhud dan kebun kurma. Namun, saat ini sedang tidak berbuah pohon kurmanya.

Masjid Qiblatain (2 kiblat)

Masjid Quba

Jabal rumah (bukit pemanah)

Jabal uhud; tempat dimana Hamzah mati syahid

Halaman Kebun kurma

di bis :D

Pasar Kurma

Kebun Kurma

Rabu, 15 Jan 2020.

Saatnya packing koper karena kita akan check out dan kembali ke tanah air. Berat rasanya meninggalkan kota Madinah. Aku bilang ingin tinggal disini saja. Qadarullah aku kena masalah di imigrasi bandara, masyaallah! Banyak2 istighfar deh.. hehe :D

Selepas sholat subuh, aku minta ijin sama ibu untuk keliling masjid nabawi sendiri. Aku bilang, aman kok bu.. so nice and quality time banget! Udaranya segar dan aku bisa datang lagi ke dekat pintu 41 dan 1 dimana tempat makam rasul untuk laki2. Walau Cuma diluar melihat dari kejauhan tapi aku sungguh rindu dan merasakan bahwa saat itu rasul berada di dekat aku. Masyaallah! Ngaji bentar deh disitu abis itu melanjutkan perjalanan ke gate 25. Tepat 7.30 nyampe hotel untuk sarapan dan check out. Sebelum ke bandara Jeddah, kita di ajak belanja di Kota Jeddah lama, Corniche. Di Saudi, menurut aku harga barang2nya lebih mahal jika tidak pandai dalam menawar. Karena aku kurang jago tawar-menawar so aku sedikit belanja waktu umroh :D aku pilih masuk ke toko2 yang udah fixed price, seperti bin dawood. Then, finally we should go home. Tiba di Surabaya pukul 14:15.

Kota lama Jeddah - Corniche

Tiket Jed - Sub

Mudah-mudahan dapat mengunjungi kembali ke Makkah – Madinah 2030 ketika semua penbangunan kota selesai, tentunya bersama suami kelak. Amin :D

Lain-lain ~~

Teman kamar 1503

Teman kamar 1618

Hunting jaket di bin Dawood sendirian jam 20.30 :D

Menu Arab - nasi Briyani Ayam (First time :D)

Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad, wa ala ali sayyidina Muhammad.

Postingan populer dari blog ini

Arti Watak secara Teoritis, by dr. Aisyah Dahlan

Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. Q.S. Al Isra:84 Setiap orang punya 2 jenis watak, yaitu watak dominan dan kombinasi. Watak merupakan program fitrah dari allah. Allah mengilhamkan kebaikan dan kelemahan untuk kita selalu berikhtiar mengatasi kelemahan itu. Watak bisa dibentuk dengan cara didikan dari orang tua dan lingkungan. PHLEGMATIS – Hasrat Damai >> Kekuatan: 1.       Senantiasa berhasrat damai. 2.       Diplomatis. 3.       Tenang dan praktis. 4.       Senang dengan pekerjaan yang rutin. 5.       Dapat diandalkan. 6.       Mengerjakan sesuau dengan rileks dan mencari cara yang mudah. 7.       Menghindari konflik. 8.       Humoris (kadang garing). 9.       Suka mengerjakan satu hal dalam satu waktu. >> Kelemahan: 1.       Sulit mengambil keputusan. 2.       Sering kurang antusias. 3.       Tekad baja tersembunyi. 4.       Energinya habis karena sering

(Pengalaman) Daftar S2 di UNAIR Surabaya prodi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) 2017

Assalamualaikum, kali ini aku akan share pengalamanku daftar di Unair yang mungkin akan jadi one of my unforgettable experience J   Source: google Juni 2014, aku lulus S1 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) jurusan sastra inggris. Alhamdulilah langsung diterima kerja di perusahaan yang bergerak dibidang cargo & marine surveyor. Darisini sebenernya uda ada niatan lanjut S2. Cuma.. aku inginnya biaya sendiri dan alhamdulilah baru terealisasi tahun ini. Jadi selama 2 tahun nunggu itu aku cari2 info mau kuliah dimana, jurusan apa, setelah lulus ngapain, dll.. sambil nabung. Akhirnya mantap di Unair jurusan PSDM. Desember 2016, aku mulai aktif kepoin webnya Unair http://ppmb.unair.ac.id/web/site/magister . sampek uda masuk februari kok belum juga di update nih webnya, masih yang lama yang 2016-2017. Waktu hari sabtu, aku pergi ke unair B soalnya setau aku ada kelas akhir pekan. Nyampe sana aku tanya pak security, katanya kampus libur dan kalo mau cari info soal PPMB bisa

Contoh naskah Public Speaking tentang Healthy Food Healthy Skin

“You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day. Or … Guys, do you want to have beauty and healthy skin like the actress in the video before? Do you think,What does she do? .. yah certainly beauty and healthy skin are strong desire for everyone. A very good morning to the honourable lecturer and friends. Assalamualaikum wr wb My topic today is the important fruits and vegetables for healthy skin. Guys .. who doesn’t want to have beauty and healthy skin? Everyone must want it .. beauty and healthy skin are strong desire for everyone. ( everyone must want beauty and healthy skin, that’s why there is a term “You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day ) so, how is that healthy skin actually?