Langsung ke konten utama

(Pengalaman) Persiapan Umroh Januari 2020



Law of Attraction. Hukum Tarik menarik ini benar kiranya. Allah berfirman, aku sesuai prasangka hambaku. Sejak tahun 2017, aku ingin sekali memberangkatkan umroh bapak ibu, plus aku juga ikut mendampingi mereka karena tak tega jika mereka kebingungan di negeri orang entah perihal bahasa atau perlengkapan, dimana ini pengalaman pertama kali. Anyway, aku juga ingin berkunjung ke tempat2 bersejarah islam, melihat saksi bisu dimana rasulullah pernah hidup dan memperjuangkan agama islam di dunia. Alhamdulilah, impianku terwujud tahun 2020.

Mimpi
Bermimpi is free.. gratis guys! Aku print mimpiku dan pajang di tempat yang aku lihat setiap hari. Aku sempatkan untuk sholawatin atau doain minta ke allah atas mimpiku itu. Berdoa itu bagai mengayuh sepeda, semakin sering kita mengayuhnya, tujuan kita akan semakin dekat.




Visualisasi
Era sekarang sangatlah mudah mencari content2 tentang apapun termasuk umroh. Aku biasanya nonton youtube channel yang ada di tanah suci tsb, seperti channel muhamad putra setia. Dengan begitu bisa menambah semangat untuk nabung buat umroh.

Eksekusi
Do it! Disini yang aku lakukan adalah menabung dan berdoa semoga bisa umroh. Karena tanpa ijin allah, bisa jadi ada aja acara yang memaksa aku untuk menggunakan dana tabungan yang dipersiapkan untuk umroh tsb. Aku bukan orang yang bisa menyimpan uang sendiri, jadi aku membuka tabungan Tapenas BNI syariah. Disana, aku bisa merencanakan untuk menabung per bulan dengan jangka waktu terserah kita. Aku pilih 3 tahun dengan jumlah 1 jt per bulan. Karena syariah, aku udah tenang bahwa ini sesuai hukum muamalah islam. Caranya juga mudah, tinggal di debet otomatis setiap tanggal 5. Dan jika gagal melakukan auto debet sebanyak 3x, kontrak akan cancel dan semua uang tabunganku akan masuk ke rekening kita dengan biaya penalty 50 ribu. Cukup simple untuk orang yang susah nabung seperti aku.

Perkuat sinyal
Share your dream to everyone, every time, everywhere. Tapi karena aku pemalu, aku cukup cerita ke keluarga aku saja, sepertinya adik aku uda bosen jika aku bercerita soal mekkah dan madinah :D dan aku juga suka cerita ke ponakan atau tetangga aku yang masih kecil. Mereka pasti antusias dengerin aku, hehe.

Daftar Umroh
1 Nov 2019. Aku datang ke KBIH Muhamadiyah Surabaya untuk mendaftar umroh. Aku pilih muhamadiyah karena keinginan ortu yang ingin ikut travel masjid sebelah rumah. Okay.



Mengurus surat rekomendasi Kemenag
25 Nov 2019. Bagi usia produktif seperti aku, harus ada surat pengantar rekomendasi dari kemenag. So aku urus di kantor kemenag depan masjid agung Surabaya. Pertama, kita minta surat pengantar dari travel kemudian dibawa untuk dibuatkan surat pengantar dari kemenag. Prosesnya cukup cepat, yang bikin lama adalah nyari toko foto copy karena kebetulan waktu itu foto copy di kemenag tutup. Terus aku ke Xerox dekat situ juga tutup. Akhirnya aku foto copy di sekolah al hikmah daerah dekat situ. Jadi, persiapkan saja foto copy dokumen pengantar dari travel 2 copy saja untuk jaga2.

Gb. Surat rekomendasi dari Kemenag

Mengurus Passport
28 Nov 2019. kita mengurus passport menggunakan jasa urus passport, karena akte aku dan ortu ada typo eror dan takes time and effort jika mengurus akte atau buku nikah terlebih dahulu. Pertama ibu aku yang tanggal lahirnya beda harus menrubah di dispenduk. Ternyata bapak aku yang hanya punya surat kenal juga harus mengurus akte kelahiran. Dan punyaku sendiri ada typo error di nama ibu. It’s complicated harus urus ke pengadilan dan bolak balik ke dispenduk. Akhirnya kita memutuskan untuk menggunakan jasa.



Mengurus buku kuning vaksin (International certificate of vaccination)


18 Des 2019. Vaksin meningitis menjadi syarat wajib untuk berkunjung ke Negara arab sesuai aturan WHO. Suntik meningitis tidak harus di KKP perak timur atau juanda, beberapa rumah sakit atau klinik sudah mendapatkan ijin untuk mengeluarkan buku kuning ini. Hanya saja di KKP lebih murah sedikit. Aku suntik di KKP Perak timur yang berlokasi dekat pintu tol perak dengan biaya Rp. 305.000. Kata petugas KKP, di rumah sakit PHC Perak juga menyediakan vaksin dengan biaya Rp. 375.000.

Untuk proses daftar vaksin di KKP Perak timur cukup mudah. Pertama, melakukan pendaftaran online di https://sinkarkes.kemkes.go.id/vaksinasi_int/vaksinasi_int_public/add. Isi kolom pada form registrasi, kemudian mendapat tanda terima pendaftaran online dan formulir pendaftaran online. Menurut web, kita akan menerima konfirmasi email. Jika belum, harap melakukan cek konfirmasi ulang. Pada KKP menggunakan system kuota, aku daftar hari kamis 12 Des 2019 dan mendapatkan jadwal di hari rabu 18 Des 2019. Alamat KKP Perak Surabaya di Jl. Perak Timur 514-516, sebelum pintu tol perak.



Gb. Penjelasan di website

Gb. Konfirmasi email

Gb. Tanda terima pendaftaran online vaksinasi internasional



Gb. Formulir pendaftaran online vaksinasi internasional


Pengalaman waktu suntik, hm.. karena memang jargonnya cuma 30 menit prosesnya. Yang lama ada di antri dipanggil petugas untuk bayar ke kasir, sebab disini first come first serve. Ndak juga sih, orang yang punya jabatan juga dapat perlakukan sedikit special. Tetap sabar dan khusnuzon ning.. :D Jadi aku nunggu aja uda lebih dari 30 menit sebelum dipanggil ke kasir dan suntik. Ketika sudah bayar, proses suntik cukup singkat bahkan terkesan gradakan. 5 orang masuk ruangan langsung cus cus.. karena aku gak betah sakit jadi kaget waktu disuntik tapi alhamdulilah obatnya tetap masuk. Dan dipastikan ibu hamil tidak boleh suntik ya. Bukan ibu ding, karena yang hamil kan gak selalu ibu2 ya jaman now. Prosedurya sih untuk wanita yang masih produktif harus di test urine. Namun disana cukup ditanya oleh dokter saja tidak perlu test urine. Kata bapak aku, gak berasa banget suntiknya. Waduh, kulit bapak aku tebel nih, hehe. Kemudian kita nunggu untuk dapat buku kuning. Cukup singkat.
Pihak travel juga menyarankan beberapa lokasi untuk suntik vaksin meningitis antara lain:

Daftar Lokasi Suntik Meningitis di Surabaya dan Sidoarjo

A. Klinik Kimia Farma Darmo
Jl. Raya Darmo No.6 Pandegiling Surabaya
CP : Dr. Triana (085746660190)
B. Klinik Kimia Farma Sedati
Jl. Raya Sedati Gede No. 59, Gebang, Sedati Gede, Sidoarjo
CP : (031)8667929

Untuk Kimia Farma:
Pelayanan setiap hari Senin - Jumat. (08.00 - 14.00)
Biaya Rp350rb
Persyaratan: fotocopy paspor
Hasil suntik (buku kuning), diambil hari esoknya

C. Klinik Tarizza
Jl. Garuda No. 46, Betro, Sedati, Sidoarjo
CP : Dr. Putu (082139689656)
Pelayanan hari Senin-Ahad (24 jam)
Biaya 350rb
Persyaratan: fotocopy paspor
Hasil suntik (buku kuning), diambil hari esoknya

Foto untuk Visa Umroh
Foto yang diperlukan untuk umroh di bulan Januari 2020 adalah ukuran 4x6 2 lembar, dengan ketentuan wajah tampak 80% dan background putih. Untuk perempuan harus berhijab, indeed. disarankan untuk memakai baju atau hijab warna gelap. Jika foto di studio foto, tukang foto akan bilang kalo umroh biasanya 3x4 dan 4x6 masing-masing 8 lembar. Padahal di travelku cuma minta 2 lembar 4x6 saja. Aku ndak tau, khusnudzon saja mungkin setiap travel berbeda. :D jika foto di studio daerah rumahku, biayanya Rp. 40.000 untuk 16 lembar foto.

contoh foto

Manasik Umroh
4 Jan 2020. Bimbingan manasik diadakan oleh pihak KBIH Muhamadiyah Surabaya. Tidak hanya jamaah yang akan berangkat pada 8 Jan 2020 saja tetapi juga ada jamaah yang akan berangkat pada bulan Feb. acara dimulai jam setengah 7 di masjid asrama haji sukolilo. Pertama, kita menerima teori tentang umroh yakni ada 4 tahapan: Ihram, Thawaf, Sa’I, Tahalul. Kemudian kita diajak untuk praktek di lapangan sambil menghafalkan doa2 yang akan dibaca ketika umroh. Cukup seru, karena dengan praktek akan mudah untuk menghafal doanya.



Internet umroh
Berada di tanah suci tentunya kita ingin sekali tetap berkomunikasi dengan orang2 tersayang di Indonesia, seperti keluarga dan arek’e #eaak. Untuk mengaktifkan koneksi internet di Saudi, pihak travel menjelaskan ada 3 alternatif, yakni:

1. Tetap pakek operator semula, daftarkan ke gerai resminya untuk teknis aktivasinya (jangan hanya beli pulsa di counter pulsa biasa)
Harga kisaran Rp250K - Rp350K (9 hari)
2. Beli/ isi ulang simcard di Saudi (pakek paspor/ visa)
Tidak bisa call/ video call via WA (kecuali pakek aplikasi tambahan)
3. Pakek kartu sekali pakek buang (kartu Tri Ibadah)
Kapasitas 2G, 15 hari + bonus 1GB di Indonesia, harga Rp200K
No WA tidak berubah (tetap)

Sebelumnya, aku juga sudah cari2 info mengenai internet untuk ke luar negeri. Menurut vlogger Muhammad putra setia ada 3 alternatif, yaitu mengaktifkan paket simcard Indonesia, menggunakan simcard Saudi Arabia, atau menggunakan rental moden wifi. Dari awal, aku prefer ke simcard Indonesia, soalnya anti ribet dan paling murah. Caranya begini:

Telkomsel

XL

 
Indosat

Sumber: channel youtube Muhammad Putra Setia

Tapi pada akhirnya aku memutuskan untuk pesen di travel saja, karena sudah sekalian mereka aktivasikan. So anti ribet dan harganya juga affordable. Teknisnya pihak travel akan memberikan simcardnya saat di Term-1A Bandar Udara Juanda tgl 8 Jan 2020, mereka yang lakukan aktivasi, dan langsung bisa digunakan saat tiba di Saudi Arabia. Namun, kelemahan dari paket internet ini adalah tidak bisa digunakan untuk pengganti simcard Smart dan HP yg belinya bundling dengan kartu simcard tertentu.

Penukaran uang Riyal
Pihak travel juga menawarkan jasa penukaran uang dalam bentuk paketan, 1 paket = Rp1 juta = 250 Riyal. Kurs yang digunakan adalah Rp. 4000 per 1 riyal Saudi. Sebelumnya aku juga sudah cari info mengenai penukaran uang. Again, menurut channel youtube Muhammad putra setia, bahwa tukar uang di money exchange arab atau ambil uang di ATM arab akan mendapatkan nilai kurs yang lebih murah. Jika aku cek di internet sekarang, nilai kurs memang sekitar Rp. 3800 per 1 Riyal. Tapi untuk persiapan saja, aku juga tukar dipihak travel dan juga membawa uang Indonesia biar bisa membandingkan dengan kurs disana :D

Bismilahirohmanirohim, mudah-mudahan kami dapat melaksanakan ibadah umroh dengan lancar, pulang ke tanah air menjadi pribadi yang lebih baik, dan mendapatkan umroh yang mabrur, aamiin.. :D




Komentar

  1. Selamat menunaikan ibadah umroh, semoga mendapatkan umroh yang mabrur dan selalu mendapatkan limpahan rahmat dari ALLAH SWT.

    BalasHapus
  2. Berapa budget total yang diperlukan kak ? Karena ingin sekali umroh bersama keluarga. an masih dalam tahap menabung kak.

    BalasHapus
  3. Meninggalkan jejak dulu di sini, siapa tau Allah panggil aku, suami, dan ibu, bisa berangkat ke rumah-Nya untuk melaksanakan Umroh
    Terima kasih sharing nya kakak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Watak secara Teoritis, by dr. Aisyah Dahlan

  Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. Q.S. Al Isra:84 Setiap orang punya 2 jenis watak, yaitu watak dominan dan kombinasi. Watak merupakan program fitrah dari allah. Allah mengilhamkan kebaikan dan kelemahan untuk kita selalu berikhtiar mengatasi kelemahan itu. Watak bisa dibentuk dengan cara didikan dari orang tua dan lingkungan. PHLEGMATIS – Hasrat Damai >> Kekuatan: 1.       Senantiasa berhasrat damai. 2.       Diplomatis. 3.       Tenang dan praktis. 4.       Senang dengan pekerjaan yang rutin. 5.       Dapat diandalkan. 6.       Mengerjakan sesuau dengan rileks dan mencari cara yang mudah. 7.       Menghindari konflik. 8.       Humoris (kadang garing). 9.       Suka mengerjakan satu hal dalam satu waktu. >> Kelemahan: 1.       Sulit mengambil keputusan. 2.       Sering kurang antusias. 3.       Tekad baja tersembunyi. 4.       Energinya habis karena sering

(Pengalaman) Daftar S2 di UNAIR Surabaya prodi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) 2017

Assalamualaikum, kali ini aku akan share pengalamanku daftar di Unair yang mungkin akan jadi one of my unforgettable experience J   Source: google Juni 2014, aku lulus S1 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) jurusan sastra inggris. Alhamdulilah langsung diterima kerja di perusahaan yang bergerak dibidang cargo & marine surveyor. Darisini sebenernya uda ada niatan lanjut S2. Cuma.. aku inginnya biaya sendiri dan alhamdulilah baru terealisasi tahun ini. Jadi selama 2 tahun nunggu itu aku cari2 info mau kuliah dimana, jurusan apa, setelah lulus ngapain, dll.. sambil nabung. Akhirnya mantap di Unair jurusan PSDM. Desember 2016, aku mulai aktif kepoin webnya Unair http://ppmb.unair.ac.id/web/site/magister . sampek uda masuk februari kok belum juga di update nih webnya, masih yang lama yang 2016-2017. Waktu hari sabtu, aku pergi ke unair B soalnya setau aku ada kelas akhir pekan. Nyampe sana aku tanya pak security, katanya kampus libur dan kalo mau cari info soal PPMB bisa

Contoh naskah Public Speaking tentang Healthy Food Healthy Skin

“You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day. Or … Guys, do you want to have beauty and healthy skin like the actress in the video before? Do you think,What does she do? .. yah certainly beauty and healthy skin are strong desire for everyone. A very good morning to the honourable lecturer and friends. Assalamualaikum wr wb My topic today is the important fruits and vegetables for healthy skin. Guys .. who doesn’t want to have beauty and healthy skin? Everyone must want it .. beauty and healthy skin are strong desire for everyone. ( everyone must want beauty and healthy skin, that’s why there is a term “You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day ) so, how is that healthy skin actually?