Langsung ke konten utama

Refreshing di Hutan kota Pakal Surabaya





10 Maret 2019, Happy weekend rek! This morning my family and I were walking around hutan kota Pakal. Actually, I was curious as sometimes I heard from people here talking about it. So yah, we were there.




Hutan kota pakal berlokasi di kampung sidorejo yang gak jauh dari rumah aku, sekitar 5 min saja. First impression, “oh.. ini tah hutan?” because it’s definitely not look like a forest. Disana kita Cuma perlu uang parkir saja, motor 3000. Tidak disarankan membawa mobil. Karena lokasi berada 500 m dari jalan raya. Kondisi hutan ini seperti belum siap dibuka untuk destinasi wisata, karena lokasi parkir yang tidak layak. Saat memasuki lokasi kita terlebih dahulu jalan kaki menyebrangi 2 lajur rel kereta api tanpa ada palang rel which is very dangerous. Ketika masuk di lokasi, banyak sekali warga sekitar yang berjualan di area pintu masuk. Sehingga Nampak seperti bazar makanan. Pohon juga seperti baru saja ditanam dan aku melihat lumayan banyak sampah. Jika dibandingkan dengan wisata hutan mangrove, lebih bersih di mangrove. Disana tidak ada area play ground. Hanya ada 1 toilet yang seperti dikunci juga. Kita berjalan menyusuri jalanan paving yang ditanami pepohonan cemara di seluruh tepi jalan. Di pinggir juga terdapat sawah yang seperti banjir, jadi kelihatan seperti tambak. Kemudian, ada gazebo-gazebo tepi sawah. Very nice! Oh ya.. udaranya juga sejuk banget. Soalnya aku kesana pas pagi jam 9an. Di ujung jalan ternyata ada kolam pemancingan ikan.


Uniknya, ketika masuk are hutan, ada himbauan larangan menebang pohon dan memburu binatang. Hey, it’s not a real forest. Gak ada binatang, ikang doang yang ada. Itu pun di komersilkan buat kolam pemancingan J. So, here I might be can share the plus and minus about this place.

Plus: kondisi hutan kota sendiri terlihat hijau, asri, sejuk. Hutan yang memiliki luas 6 hektar ini dapat berfungsi sebagai filter udara dan pasokan oksigen bagi warga kota Surabaya. Beragam pohon yang ditanam disana, seperti cemara, trembesi, jenis-jenis pohon yang rindang. Selain itu bagi yang hobi mancing pasti seru kalo main kesana. Asalkan mancing ikan ya, jangan mancing masalah :p

Minus: akses masuk menuju lokasi sulit dijangkau dengan mobil karena harus melewati kampung yang selebar 3-4 m saja. Terus tidak ada papan penunjuk arah ke hutan kota tersebut. Memungkinkan orang bisa tersesat jika ingin berkunjung kesana. kondisi parah lainnya adalah palang kereta api, karena kita harus melewati rel ganda sebelum menuju ke lokasi dan pengunjung harus extra hati-hati karena banyak kereta yang melintas termasuk jenis kereta cepat Surabaya-Jakarta. Tidak ada sentra PKL dan play ground serta tempat parkir yang layak.

Sebenarnya guys, jika warga sidorejo aktif dalam ikut serta berkontribusi mengembangkan, mengolah dan menjaga tempat wisata ini sebenarnya aku rasa ini bisa menjadi destinasi wisata yang menjanjikan dan berimbas postif bagi warga lingkungan sekitar khususnya dalam segi finansial. Berdasarkan informasi berita di internet, pemerintah kota sudah berencana untuk membuat jalan alternative untuk mesuk ke lokasi hutan kota melalui akses masuk di sekitar are gelora bung tomo. Namun hal tersebut masih wacana, semoga bisa segera dieksekusi.

So, buat kamu yang pengen datang kesini, tipsnya adalah datang pagi waktu weekend atau tanggal merah aja dan pakai motor ya. Enjoy!





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Watak secara Teoritis, by dr. Aisyah Dahlan

  Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. Q.S. Al Isra:84 Setiap orang punya 2 jenis watak, yaitu watak dominan dan kombinasi. Watak merupakan program fitrah dari allah. Allah mengilhamkan kebaikan dan kelemahan untuk kita selalu berikhtiar mengatasi kelemahan itu. Watak bisa dibentuk dengan cara didikan dari orang tua dan lingkungan. PHLEGMATIS – Hasrat Damai >> Kekuatan: 1.       Senantiasa berhasrat damai. 2.       Diplomatis. 3.       Tenang dan praktis. 4.       Senang dengan pekerjaan yang rutin. 5.       Dapat diandalkan. 6.       Mengerjakan sesuau dengan rileks dan mencari cara yang mudah. 7.       Menghindari konflik. 8.       Humoris (kadang garing). 9.       Suka mengerjakan satu hal dalam satu waktu. >> Kelemahan: 1.       Sulit mengambil keputusan. 2.       Sering kurang antusias. 3.       Tekad baja tersembunyi. 4.       Energinya habis karena sering

(Pengalaman) Daftar S2 di UNAIR Surabaya prodi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) 2017

Assalamualaikum, kali ini aku akan share pengalamanku daftar di Unair yang mungkin akan jadi one of my unforgettable experience J   Source: google Juni 2014, aku lulus S1 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) jurusan sastra inggris. Alhamdulilah langsung diterima kerja di perusahaan yang bergerak dibidang cargo & marine surveyor. Darisini sebenernya uda ada niatan lanjut S2. Cuma.. aku inginnya biaya sendiri dan alhamdulilah baru terealisasi tahun ini. Jadi selama 2 tahun nunggu itu aku cari2 info mau kuliah dimana, jurusan apa, setelah lulus ngapain, dll.. sambil nabung. Akhirnya mantap di Unair jurusan PSDM. Desember 2016, aku mulai aktif kepoin webnya Unair http://ppmb.unair.ac.id/web/site/magister . sampek uda masuk februari kok belum juga di update nih webnya, masih yang lama yang 2016-2017. Waktu hari sabtu, aku pergi ke unair B soalnya setau aku ada kelas akhir pekan. Nyampe sana aku tanya pak security, katanya kampus libur dan kalo mau cari info soal PPMB bisa

Contoh naskah Public Speaking tentang Healthy Food Healthy Skin

“You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day. Or … Guys, do you want to have beauty and healthy skin like the actress in the video before? Do you think,What does she do? .. yah certainly beauty and healthy skin are strong desire for everyone. A very good morning to the honourable lecturer and friends. Assalamualaikum wr wb My topic today is the important fruits and vegetables for healthy skin. Guys .. who doesn’t want to have beauty and healthy skin? Everyone must want it .. beauty and healthy skin are strong desire for everyone. ( everyone must want beauty and healthy skin, that’s why there is a term “You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day ) so, how is that healthy skin actually?