Langsung ke konten utama

Introvert, Sensing, Feeling , and Judging. It’s me!



my result 28/9/19

MBTI adalah singkatan dari Myers-Birggs Type Indicator. Tes yang dirancang untuk mengkategorikan individu berdasarkan bagaimana mereka berpikir dan bertingkah laku.
Tipe kepribadian adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengategorikan kecenderungan seseorang dalam berpikir dan bertindak dengan cara tertentu.
Orang yang mengkategorikan kepribadian seseorang menjadi 16 macam adalah Isabel Briggs Myers dan ibundanya, Katharine Briggs pada tahun 1960-an. Mereka menggunakan teori dari psikolog bernama Carl Jung, kemudian mengembangkan idenya untuk menciptakan kerangka tipe kepribadian yang lebih lengkap.

Myers dan Briggs mengusulkan bahwa tipe kepribadian terdiri dari empat kuci sifat dasar manusia.
Introvert (I) vs. Esktrovert (E) – Sifat dasar seseorang untuk memusatkan perhatiannya.
Sensing (S) vs. Intuition (N) – Sifat dasar seseorang untuk memahami sebuah informasi.
Thinking (T) vs. Feeling (F) – Sifat dasar seseorang untuk menarik kesimpulan dan mengambil keputusan.
Judging (J) vs. Perceiving (P) – Sifat dasar tentang pola hidup seseorang.

And I am an Introvert, Sensing, Feeling , and Judging person. 😊

Kepribadian ISFJ
ISFJ adalah orang yang ramah, teliti, tenang, dan bertanggungjawab. Mereka memiliki komitmen dan selalu bersungguh-sungguh ketika sedang melaksanakan kewajibannya. Mereka orang yang akurat, telaten, dan cermat. (hm.. cermat? agak mbeleset)
Seorang ISFJ akan mengingat secara spesifik tentang orang yang penting buat mereka. Mereka baik hati, perhatian, dan loyal. Mereka akan berusaha untuk menciptakan lingkungan yang tertib di tempat mereka tinggal dan bekerja.

Introvert
Orang introvert bukanlah orang yang tidak mau bersosialisasi dengan orang lain. Ada kalanya mereka menikmati waktu berkumpul dan bersosialisasi dengan orang lain, selama lingkungan tersebut merupakan lingkungan yang cukup dikenalnya, dan ia merasa cukup nyaman dengan orang-orang di lingkungan tersebut.
Namun, orang-orang introvert merasa ia melepaskan banyak energi saat bersosialisasi dengan banyak orang. Berbeda dengan orang ekstrovert yang justru mendapatkan energi saat berinteraksi dan bersosialisasi dengan banyak orang.
Karena menghabiskan banyak energi saat berada dalam lingkungan yang ramai (banyak orang), orang introvert terkadang membutuhkan waktu sendiri untuk memulihkan kembali energinya itu.
Setelah menghadiri suatu acara pesta atau berada dalam lingkungan yang dihadiri banyak orang misalnya, orang introvert biasanya merasa perlu untuk “me-recharge” lagi energinya dengan cara menghabiskan banyak waktu sendiri.
Pribadi Introvert juga suka pergi ke tempat umum. Hanya, tidak dalam waktu yang lama apalagi jadi pusat perhatian. Pribadi Introvert bersosialisasi di tempat umum jika mereka membutuhkan sesuatu, kemudian jika sudah di dapat akan segera pulang. Mereka lebih memilih diam di kamar dan melakukan sesuatu di depan laptop, ponsel, atau membaca buku.
Pribadi Introvert selalu berpikir sebelum berbicara dan bertindak. Mereka juga hanya akan berbicara ketika ada sesuatu yang mereka ingin sampaikan atau bicarakan. Seorang introvert adalah pemikir. Pemikiran yang menumpuk itu hanya tersimpan dalam pikirannya dan mungkin bisa saja akan menimbulkan pusing di kepalanya. Introvert takut jika apa yang ia katakan salah, maka sebelum menyuarakannya introvert akan berpikir lebih dalam. Jika itu tidak baik, introvert akan memilih diam. Ini yang membuat introvert lemah dalam hal berpendapat.
Tidak jarang seorang ekstrovert akan lebih senang menceritakan curhatannya kepada introvert. Bukan hanya sebagai pendengar yang baik, introvert tidak akan berani menyela percakapan seseorang karena takut menyinggung perasaan orang itu. Introvert akan lebih banyak berbicara jika ada suatu hal yang penting harus disampaikan, itupun jika mereka sedang dalam keadaan stabil.
Seorang Introvert juga sangat senang berimajinasi.

Ciri Umum Orang Introvert
Sangat sadar (kenal) dengan dirinya sendiri
Penuh dengan pemikiran-pemikiran
Menikmati dalam proses memahami detail
Tertarik untuk mengetahui dan memahami dirinya
Cenderung untuk menyimpan emosinya sendiri, tidak suka berbagi akan apa yang dirasakannya.
Tenang dan pendiam dalam sebuah kelompok bilamana ia tidak familiar dengan kelompok itu.
Namun, dengan kelompok yang familiar dan sangat dikenalnya, seorang introvert bisa menunjukkan sisi sosialnya dengan suka berkumpul dan bergaul di tengah kelompok tersebut.
Biasanya lebih nyaman untuk berkumpul dengan teman atau orang-orang yang cukup dekat dengannya untuk meningkatkan dan mempererat hubungannya dengan orang-orang yang dekat dengannya tersebut.
Hal tersebut berbeda dengan orang ektrovert yang suka hadir ke acara-acara yang ramai, seperti pesta misalnya, untuk bertemu dengan orang-orang baru.
Lebih suka untuk belajar melalui pengamatan

Anggapan bahwa karakter introvert tidak lebih baik dari ektrovert mungkin saja muncul akibat lebih banyaknya populasi (jumlah orang) di dunia ini yang berkarakter ektrovert.
Diperkirakan, populasi/jumlah orang ektrovert dengan introvert di dunia ini memiliki perbandingan 3 : 1. Artinya, orang ektrovert memang jauh lebih banyak jumlahnya daripada orang introvert.
Karena jumlah yang lebih banyak dan dominan tersebut, maka mungkin saja melahirkan anggapan bahwa karakter-karakter yang seperti orang ektrovertlah yang jauh lebih baik, karakter seperti orang ektrovertlah yang lebih umum (yang seharunya), bukan karakter seperti orang introvert yang karena jumlahnya jauh lebih sedikit jadi terlihat aneh dan tidak umum dibandingkan kebanyakan orang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Watak secara Teoritis, by dr. Aisyah Dahlan

  Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. Q.S. Al Isra:84 Setiap orang punya 2 jenis watak, yaitu watak dominan dan kombinasi. Watak merupakan program fitrah dari allah. Allah mengilhamkan kebaikan dan kelemahan untuk kita selalu berikhtiar mengatasi kelemahan itu. Watak bisa dibentuk dengan cara didikan dari orang tua dan lingkungan. PHLEGMATIS – Hasrat Damai >> Kekuatan: 1.       Senantiasa berhasrat damai. 2.       Diplomatis. 3.       Tenang dan praktis. 4.       Senang dengan pekerjaan yang rutin. 5.       Dapat diandalkan. 6.       Mengerjakan sesuau dengan rileks dan mencari cara yang mudah. 7.       Menghindari konflik. 8.       Humoris (kadang garing). 9.       Suka mengerjakan satu hal dalam satu waktu. >> Kelemahan: 1.       Sulit mengambil keputusan. 2.       Sering kurang antusias. 3.       Tekad baja tersembunyi. 4.       Energinya habis karena sering

(Pengalaman) Daftar S2 di UNAIR Surabaya prodi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) 2017

Assalamualaikum, kali ini aku akan share pengalamanku daftar di Unair yang mungkin akan jadi one of my unforgettable experience J   Source: google Juni 2014, aku lulus S1 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) jurusan sastra inggris. Alhamdulilah langsung diterima kerja di perusahaan yang bergerak dibidang cargo & marine surveyor. Darisini sebenernya uda ada niatan lanjut S2. Cuma.. aku inginnya biaya sendiri dan alhamdulilah baru terealisasi tahun ini. Jadi selama 2 tahun nunggu itu aku cari2 info mau kuliah dimana, jurusan apa, setelah lulus ngapain, dll.. sambil nabung. Akhirnya mantap di Unair jurusan PSDM. Desember 2016, aku mulai aktif kepoin webnya Unair http://ppmb.unair.ac.id/web/site/magister . sampek uda masuk februari kok belum juga di update nih webnya, masih yang lama yang 2016-2017. Waktu hari sabtu, aku pergi ke unair B soalnya setau aku ada kelas akhir pekan. Nyampe sana aku tanya pak security, katanya kampus libur dan kalo mau cari info soal PPMB bisa

Contoh naskah Public Speaking tentang Healthy Food Healthy Skin

“You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day. Or … Guys, do you want to have beauty and healthy skin like the actress in the video before? Do you think,What does she do? .. yah certainly beauty and healthy skin are strong desire for everyone. A very good morning to the honourable lecturer and friends. Assalamualaikum wr wb My topic today is the important fruits and vegetables for healthy skin. Guys .. who doesn’t want to have beauty and healthy skin? Everyone must want it .. beauty and healthy skin are strong desire for everyone. ( everyone must want beauty and healthy skin, that’s why there is a term “You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day ) so, how is that healthy skin actually?