Langsung ke konten utama

Apa sih peristiwa di Tahun Gajah?


Pada saat itu, Yaman berada dibawah kekuasaan Abyssinia, dan Abrahah, seorang Abyssinia, menjadi gubernur disana. Ia membangun sebuah katedral megah di shan’a dengan harapan dapat menyaingi Mekah sebagai tempat ibadah haji terbesar di seluruh Arab. Ia membangunnya dengan pualan yang diambil dari bekas istana Ratu Saba serta menghiasinya dengan emas dan perak. Mimbarnya dibuat dari gading dan kayu hitam. Ia menulis surat untuk rajanya, Negus. “wahai raja, aku telah membangun sebuah gereja untukmu. Kemegahannya tidak pernah tertandingi oleh raja manapun sebelummu. Dan aku tak akan pernah berhenti hingga dapat mengalihkan pusat haji orang-orang Arab kesana. Ia tidak merahasiakan sedikitpun niatnya dan itu tentu mengundang kemarahan suku-suku yang tersebar di seluruh Hijaz dan Najd. Akhirnya seorang dari suku Kinanah yang memiliki hubungan nasab dengan Quraisy pergi ke Shan’a dengan maksud meruntuhkan gereja itu. Ia melakukan itu hanya satu malam, ekmudian kembali kerumahnya dengan selamat.

Ketiba Abrahah mendengar itu, ia bersumpah akan mebalas dendam dengan menghancurkan Ka’bahsampai rata dengan tanah. Ia pun menyiapkan pasiran besar-besaran untuk menyerang mekah dengan menempatkan seekor Gajah dibarisan terdepan. Beberapa suku arab di utara Sjan’a berusaha untuk menghalangi perjalanan mereka tetapi pasuka abasunia berhasil mengalahka mereka dan menagnkap pemimpin mereka, Nufayl dari suku Khats’am. Sebgai tebusan nyawanya, ia diminta menjadi penunjuk jalan.

Quraisy dan suku-suku lain disekitarnya mengadakan pertemuan dewan perang. Mereka memutuskan bahwa percuma saja mereka melawan serangan musuh. Sementara itu, Abrahah mengirimkan seorang utusan ke Mekah untuk menemui pemimpin mereka disana. Ia berpesan bahwa mereka datang bukan untuk berperang melainkan hanya ingin menghancurkan Ka’bah.dan jika ingin menghindari pertumpahan darah, pemimpin Mekah harus menemuinya di kemah pasukan Abyssinia. Abd muthalib kemudian bersama seorang putranya mengikuti untusan tersebut ke perkemahan. Ketika Abrahah menyaksikan kedatanga Abd Muthalib  ke singgasananya, ia begitu terkesan. Ia menyuruh juru bicaranya menanyakan kepada juru bicaranya apa yang hendak ia ajukan. Abd muthalib meminta agar 200 ekor untanya yang dirampas oleh pasukan Abrahah dikembalikan. Abrahah sangat terkejut mendengar permintaan itu. Ia sangat kecewa mendengarnya, karena menganggap Abd Muthalib jauh lebih mementingkan unta-untanya ketimbang agamanya yang sedang terancam untuk dihancurkan. Ad Muthaib menjawab, “aku adalah pemilik unta-unta itu, sementara Ka’bah ada pemiliknya sendiri yang akan melindunginya.

Abd Muthalib kembali ke Quraisy dan menyarankan agar mereka menyelamatkan diri ke atas bukit di dekat kota. Kemudian ia disertai beberapa anggota keluarganya dan pemuka masyarakat yang lain pergi ke ka’bah. Mereka berdiri di sisi ka’bah, memohon pertolongan Allah melawan Abrahah dan pasukannya. Keesokan harinya, Abrahah bersiap-siap memasuki kota untuk menghancurkan Ka’bah. Si Gajah yang dilengkapi senjata berada di barisan terdepan. Pemandunya, Unays, segera mengarahkannya berjalan menuju Mekkah. Tetapi Nufayl, sang tawanan penunjuk jalan, selalu berjalan bersama Unays dan telah mempelajari aba-aba yang dimengerti gajah itu. Saat Unays memberi aba-aba gajah itu bangun, Nufayl mendekati telinga besar sang gajah dan memberikan komando untuk duduk berlutut. Dengan sangat mengejutkan dan mencemaskan Abrahah dan pasukannya yang lain, gajah itupun perlahan-lahan kembali berlutut ke tanah. Unays menyuruhnya untuk kembali berdiri, tetapu kata-kata Nufayl yang masuk bebarengan ke telinga gajah itu lebih dekat dan lebih berpengaruh, sehingga ia tak mau bergerak lagi. Pasukan Abrahah melakukan segala cara untuk menggerakkan kaki gajah itu, sampai mereka memukul kepala dan muka gajah itu dengan besi, tetapi ia tetap diam. Sebenanrnya itu sudah pertanda yang sangat jelas bahwa mereka tak akan berhasil maju selangkahpun. Namun Abrahah telah dibutakan oleh ambisi peribadinya atas kejayaan tempat ibadah yang dibangunnya dan oleh nafsu untuk menghancurkan saingan besarnya. Jika mereka kembali ke tempat kediamannya, pasti mereka luput dari sebuah rencana besar. Tetapi mereka terlambat, langit di ufuk barat menghitam pekat dan suara-suara gemuruh terdengar dengan suara yang semakin menggelegar, muncul gelombang kegelapan yang menyapu dari arah laut dan menutupi langit diatas mereka. Sejauh jangkauan pandangan mereka, langit dipenuhi beribu-ribu burung, tak terhingga jumlahnya. Orang-orang yang berhasil selamat menceritakan bahwa burung-burung itu terbang secepat burung layang-layang dan masing-masing membawa tiga batu kecil yang membara, satu diparuhnya, dan yang lain dijepit dengan cakar di kedua belah kakinya. Burung-burung itu menukik ke barisan sambil menjatuhkan batu-batu itu. Setiap batu yang mengena pasukan langsung mematikan. Mereka langsung jatuh terkapar dan tubuhnya langsung membusuk. Ada yang embususk dengan cepat, ada pula yang membusuk perlahan-lahan. Tak semua orang terluka termasuk Unays dan gajahnya, tetapi semuanya terkena wabah. Sebagian pasukan yang selamat tetap tinggal di Hijaz dan bekerja sebagai pengembala. Tetpai sebagian besar tentara-tentara intu kembali ke Shan’a dalam keadaan kacau balau, banyak yang mati di perjalanan, dan abnyak pula, termasuk Abrahah, yang mati begitu sampai di tempat. Sementara Nufayl, ia menyelinap pergi ketika para tetara sibuk dengan gajah yang membangkang dan menyelamatkan diri ke lereng bukit dekat Mekah.

Sejak peristiwa itu, Quraisy dikenal jazirah Abarab sebagai “keluarga tuhan”, dan semakin dikagumi karena Allah mengabulkan doa-doa mereka untuk melindungi Ka’bah dari kehancuran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Watak secara Teoritis, by dr. Aisyah Dahlan

  Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. Q.S. Al Isra:84 Setiap orang punya 2 jenis watak, yaitu watak dominan dan kombinasi. Watak merupakan program fitrah dari allah. Allah mengilhamkan kebaikan dan kelemahan untuk kita selalu berikhtiar mengatasi kelemahan itu. Watak bisa dibentuk dengan cara didikan dari orang tua dan lingkungan. PHLEGMATIS – Hasrat Damai >> Kekuatan: 1.       Senantiasa berhasrat damai. 2.       Diplomatis. 3.       Tenang dan praktis. 4.       Senang dengan pekerjaan yang rutin. 5.       Dapat diandalkan. 6.       Mengerjakan sesuau dengan rileks dan mencari cara yang mudah. 7.       Menghindari konflik. 8.       Humoris (kadang garing). 9.       Suka mengerjakan satu hal dalam satu waktu. >> Kelemahan: 1.       Sulit mengambil keputusan. 2.       Sering kurang antusias. 3.       Tekad baja tersembunyi. 4.       Energinya habis karena sering

(Pengalaman) Daftar S2 di UNAIR Surabaya prodi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) 2017

Assalamualaikum, kali ini aku akan share pengalamanku daftar di Unair yang mungkin akan jadi one of my unforgettable experience J   Source: google Juni 2014, aku lulus S1 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) jurusan sastra inggris. Alhamdulilah langsung diterima kerja di perusahaan yang bergerak dibidang cargo & marine surveyor. Darisini sebenernya uda ada niatan lanjut S2. Cuma.. aku inginnya biaya sendiri dan alhamdulilah baru terealisasi tahun ini. Jadi selama 2 tahun nunggu itu aku cari2 info mau kuliah dimana, jurusan apa, setelah lulus ngapain, dll.. sambil nabung. Akhirnya mantap di Unair jurusan PSDM. Desember 2016, aku mulai aktif kepoin webnya Unair http://ppmb.unair.ac.id/web/site/magister . sampek uda masuk februari kok belum juga di update nih webnya, masih yang lama yang 2016-2017. Waktu hari sabtu, aku pergi ke unair B soalnya setau aku ada kelas akhir pekan. Nyampe sana aku tanya pak security, katanya kampus libur dan kalo mau cari info soal PPMB bisa

Contoh naskah Public Speaking tentang Healthy Food Healthy Skin

“You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day. Or … Guys, do you want to have beauty and healthy skin like the actress in the video before? Do you think,What does she do? .. yah certainly beauty and healthy skin are strong desire for everyone. A very good morning to the honourable lecturer and friends. Assalamualaikum wr wb My topic today is the important fruits and vegetables for healthy skin. Guys .. who doesn’t want to have beauty and healthy skin? Everyone must want it .. beauty and healthy skin are strong desire for everyone. ( everyone must want beauty and healthy skin, that’s why there is a term “You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day ) so, how is that healthy skin actually?