Langsung ke konten utama

Rumah Allah


Kitab kejadian (Genesis) menceritakan bahwa Ibrahim tidak memiliki anak dan tisak ada harapan lagi untuk memilikinya. Pada suatu malam, Tuhan menyuruhnya keluar tenda. FirmaNya, “pandanglah langit dan hitunglah bintang-bintang di sana, bila engkau sanggup.” Ibrahim pun menatap langit dan terdengarlah suara, “sebanyak itulah anak keturunanmu nanti.”

Ketika Sarah berusia 76 tahun, sementara Ibrahim sendiri 85 tahun, umur yang terlalu lanjut untuk menerima kehadiran seorang bayi, Sarah mengizinkan suaminya itu menikahi Hajar, budaknya asal Mesir. Meskipun demikian, perasaan cemburu tumbuh juga diantara majikan dan budaknya sehingga Hajar menjadi sasaran kemarahan Sarah. Hajar haya mampu mengadukan segala penderitaanya kepada Allah. Maka Allah mengutus malaikat untuk menyampaikan pesan kepada Hajar, “aku akan memperbanyak keturunanmu yang tak terhitung jumlahnya. Berbahagialah! Kamu akan dikaruniai seorang anak. Namailah Ismail karena Allah telah mendengar penderitaanmu.” Hajar lalu menemui Ibrahim dan Sarah dan menyampaikan apa yang dikatakan malaikat. Ketika bayi yang didambakan tersebut lahir, Ibrahim memberinya nama Ismail, yang berarti “Tuhan telah mendengar”.

Ketika Ibrahim berusia 100 tahun dan Sarah 90 tahun. Allah berfirman lagi kepada Ibrahim dan menjanjikan bahwa Sarah pun akan melahirkan seorang anak yang mesti diberi nama Ishaq. Sarah melahirkan Ishaq dan dia sendiri yang menyusuinya. Setelah Ishaq disapih, ia memohon kepada Ibrahom agar Hajar dan putranya segera pergi dari rumah mereka. Karena sangat menyayangi Ismail, Ibrahim amat sedih dengan permintaan itu. Naum Allah berfirman kepadanya agar permintaan Sarah dipenuhi dan supayatidak larut dalam kesedihan, Allah berjanji akan meberkahi Ismail. Denagn semikian, keturunan Ibrahim bukan hanya satu bangsa, tetapi dua bangsa besar. Ibrahim menjadi pemimpin dua aliran spiritual besar yang tidak mengalir bersama tetapi memiliki jalan masing-masing. Ibrahim yakin bahwa Hajar dan Ismail senantiasa dalam naungan rahmat Allah dan dalam lindungan para malaikatNya sehingga berjalan dengan baik.

Hajar dan Ismail menempuh perjalanan ke Bakkah. Ketika merasa sangat kehausan, sampai-sampai Hajar sangat khawatir akan keselamatan Ismail, menurut riwayat Ismail menangis dan tergeletak diatas padang pasir, sementara sang ibu berdiri di atas bebatuan sambil berjingkat memandang ke sekililingnya, berharap mendapatkan pertolongan. Namun, ia tidak melihat seorangpun disekelilingnya. Hampir putus asa ia bolak-balik melintasi jalan yang sama sampai tujuh kali. Akhirnya ketika ia duduk di dekat sebuah batu karena sangat lelah, keluarlah mata air yang memancar dari gundukan pasir yang disentuh tumit Ismail. Tak lama kemudian, daerah itu menjadi suatu perkampungan karena memiliki sumber air yang sangat bagus dan menakjubkan. Mata air itu dikenal dengan nama Zamzam.

Ibrahim masih hidup 75 tahun lagi dan beliau mengunjungi putranya di tanah suci tempat Hajar dituntun itu. Alquran menyatakan bahwa Allah menunjukan kepada Ibrahim tempat yang jelas didekat sumur Zamzam, tempat ia dan Ismail harus membangun rumah suci di atasnya. Bangunan itu disebut Ka’bah “kubus” sesuai dengan bentuknya, memiliki empat sudut yang menunjukan empat arah mata angina. Namun, sebenarnya benda yang paling suci disana adalah sebongkah batu yang menurut riwayat, dibawa Jibril kepada Ibrahim dari suata tempat di dekat Abu Qubaysy. Ketika turun dari surga batu ini lebih putih ketimbang susu, tetapi dosa anak Adam telah membuatnya hitam. Batu hitam tersebut kemudian diletakkan disalah satu sudut ka’bah. Ketika rumah suci itu telah dibangun, Allah berfirman kepada Ibrahim dan mengajarkan berbagai ritus menunaikan ibadah haji ke Bakkah atau Mekkah.

Doa Ibrahim di Kanaan, “Ya allah, sesungguhnya aku telah menempatka sebagaian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tetumbuhan didekat rumah Mu (Bitullah) yang dihormati. Ya Alla, hal itu agar mereka mendirikan solat maka jadikanlah hati sebgaiana manusia untuk cenderung kepada mereka dan limpahkanlah rezeki berupa buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” Doa Ibrahim dikabukan oleh Allah. Karunia yang banyak selalu diberikan oleh jamaah haji yang berkunjung ke Baitullah dalam jumlah yang terus meningkat dari seluruh Jazirah Arab dan sekitarnya. Haji dilaksanakan setahun sekali tetapi Ka’bah dapat dikunjungi kapan saja melalui umroh.

Referensi : Kisah hidup nabi berdasarkan sumber klasik by Martin Lings.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Watak secara Teoritis, by dr. Aisyah Dahlan

  Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. Q.S. Al Isra:84 Setiap orang punya 2 jenis watak, yaitu watak dominan dan kombinasi. Watak merupakan program fitrah dari allah. Allah mengilhamkan kebaikan dan kelemahan untuk kita selalu berikhtiar mengatasi kelemahan itu. Watak bisa dibentuk dengan cara didikan dari orang tua dan lingkungan. PHLEGMATIS – Hasrat Damai >> Kekuatan: 1.       Senantiasa berhasrat damai. 2.       Diplomatis. 3.       Tenang dan praktis. 4.       Senang dengan pekerjaan yang rutin. 5.       Dapat diandalkan. 6.       Mengerjakan sesuau dengan rileks dan mencari cara yang mudah. 7.       Menghindari konflik. 8.       Humoris (kadang garing). 9.       Suka mengerjakan satu hal dalam satu waktu. >> Kelemahan: 1.       Sulit mengambil keputusan. 2.       Sering kurang antusias. 3.       Tekad baja tersembunyi. 4.       Energinya habis karena sering

(Pengalaman) Daftar S2 di UNAIR Surabaya prodi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) 2017

Assalamualaikum, kali ini aku akan share pengalamanku daftar di Unair yang mungkin akan jadi one of my unforgettable experience J   Source: google Juni 2014, aku lulus S1 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) jurusan sastra inggris. Alhamdulilah langsung diterima kerja di perusahaan yang bergerak dibidang cargo & marine surveyor. Darisini sebenernya uda ada niatan lanjut S2. Cuma.. aku inginnya biaya sendiri dan alhamdulilah baru terealisasi tahun ini. Jadi selama 2 tahun nunggu itu aku cari2 info mau kuliah dimana, jurusan apa, setelah lulus ngapain, dll.. sambil nabung. Akhirnya mantap di Unair jurusan PSDM. Desember 2016, aku mulai aktif kepoin webnya Unair http://ppmb.unair.ac.id/web/site/magister . sampek uda masuk februari kok belum juga di update nih webnya, masih yang lama yang 2016-2017. Waktu hari sabtu, aku pergi ke unair B soalnya setau aku ada kelas akhir pekan. Nyampe sana aku tanya pak security, katanya kampus libur dan kalo mau cari info soal PPMB bisa

Contoh naskah Public Speaking tentang Healthy Food Healthy Skin

“You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day. Or … Guys, do you want to have beauty and healthy skin like the actress in the video before? Do you think,What does she do? .. yah certainly beauty and healthy skin are strong desire for everyone. A very good morning to the honourable lecturer and friends. Assalamualaikum wr wb My topic today is the important fruits and vegetables for healthy skin. Guys .. who doesn’t want to have beauty and healthy skin? Everyone must want it .. beauty and healthy skin are strong desire for everyone. ( everyone must want beauty and healthy skin, that’s why there is a term “You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day ) so, how is that healthy skin actually?