Langsung ke konten utama

Keindahan makna surat Al Waqiah



Dengan nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang. Alhamdulilah sekali, malam ini allah telah menunjukkan keindahan makna surat ke 56 Al waqiah yang baru aku ketahui. As I know since beginning that al waqiah is one of surah that can avoid us from poverty, also can make us rich. Wallahualam, that’s the point. I ever saw one of a lecture by wirda Mansur in youtube, she’s talking about his dad that ever had a huge debt till in billion then she’s everyday reading al waqiah in order that his dad can be freely from the debt trap. Since then, I started to browse on the internet finding what are the advantages of reading al waqiah precisely. Ada sebuah hadist mengatakan, “Barangsiapa membaca surat al waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya”. Some says, alwaqiah adalah surat “kekayaan”. Okay, jadi mulai saat itu kalau aku lagi seret duit, aku amalin surat al waqiah without thinking wider and deeper about the meaning.

It’s been long while I’m gonna memorize this surah so it’s easily for me not to open quran in case I wanna read the surah anywhere. Tapi guys, ternyata eksekusinya susah banget. Ada 96 ayat dan some of the pre-words are same. Mungkin itu karena adanya niat yang keliru inside myself. I’m wrong and it’s very difficult for me to memorize if inside myself there’s only a desire of wealth by this surah. Additionally, pasti karena dosa dan maksiat yang aku lakukan sehingga menjadi penghambat keinginan untuk berbuat baik. Astaghfirullahaladzim. So aku mulai memahami dan perlahan menghafal sebagai amalan baik kita dan bekal di akhirat kelak, kamu juga ya guys!

Aku baca perlahan-lahan, halaman pertama ayat 1-16: apabila terjadi peristiwa besar (hari kiamat). Yang merendahkan golongan yang masuk neraka, dan meninggikan golongan yang masuk surga. Ketika bumi digoncangkan sekeras-kerasnya. Serta gunung-gunung dihancurkan selebur-leburnya. Maka jadilah gunung-gung bertebaran menjadi debu. Pada hari kiamat, manusia menjadi 3 golongan. Golongan yang menerima catatan dengan tangan kanan, maka mulia sekali golongan itu. Golongan yang menerima catatan dengan tangan kiri, maka betapa celaka golongan itu. Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dahulu masuk surga. Mereka itu adalah orang-orang yang dekat dengan allah. Mereka berada di dalam taman-taman surga yang penuh dengan kenikmatan. Segolongan besar dari orang-orang terdahulu (umat nabi-nabi terdahulu). Dan segolongan kecil dari orang-orang yang terakhir (umat nabi Muhammad). Mereka berada di atas dipan-dipan yang terbuat dari emas dan permata indah. Mereka berada di atasnya dengan saling berhadap-hadapan.

Allah mengingatkan kita tentang hari akhir adalah sebuah peristiwa besar. Ketika gunung-gunung dihancurkan selebur-leburnya menjadi debu-debu. Guys, aku merinding dan takut dengan arti ayat ini. Membayangkan gunung bromo, semeru, rinjani, anak Krakatau, dll mereka akan hancur menjadi debu. Debu dimana hanya sekumpulan pasir, lah kita manusia lemah pasti akan hancur seketika. Sedangkan aku hidup masih sering takabur. Terus yang bikin lebih merinding lagi arti ayat ke 8-14. Segolongan besar umat nabi-nabi terdahulu dan hanya segolongan kecil umat nabi Muhammad. Ada pikiran terlintas di otakku, enak sekali umat nabi-nabi terdahulu seperti umat nabi musa atau nabi sholeh, dll, mereka menjalankan ibadah hanya dengan iman saja sudah cukup dan dijamin masuk surga. Sedangkan kita umat nabi Muhammad di akhir zaman ini banyak sekali ibadah wajib yang harus dilakukan sebagai syarat jika ingin masuk surga. Dulu aku mikirnya begitu. Ternyata zaman sudah berbeda. Saat ini, there’s a lot of modern technology dan kecanggihan2 lainnya yang membuat manusia lengah dan tersesat, mudah terjerumus dan menjadi hedonism. Sehingga allah menyuruh nabi Muhammad dan umatnya untuk melaksanakan sholat wajib 5 waktu, puasa, zakat, membaca quran, menutup aurot sebagai amalan wajib setiap umat muslim. Ibaratnya amalan wajib tersebut sebagai jam waker kita jika2 kita lalai akan tujuan utama kita yaitu sebagai penghuni surga. Karena guys, aku sendiri sangat tidak ingin mampir ke neraka. Diceritakan di surah waqiah, neraka sangat amazing scary. Sedangkan surga sangatlah sangat indah. Keindahannya tidak ada di dunia sebelumnya dan kekejaman neraka tidak ada di dunia sebelumnya.

Keindahan surga antara lain yang aku ambil dari random ayat2 di surah al waqiah:

Keindahan akan bidadarinya
Dipan-dipan terbuat dari emas dan permata indah. Kasur-kasur yang tebal lagi empuk. Yang melayani mereka adalah anak-anak muda yang kekal dan tetap muda, bermata indah, seakan-akan seperti mutiara yang terpelihara baik. Mereka adalah bidadari-bidadari yang langsung diciptakan oleh allah tanpa dilahirkan manusia. Mereka dijadikan selalu perawan dan selalu muda umurnya.

Keindahan akan makanannya
Gelas, cerek, dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir. Mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk. Buah-buahan dari apa saja yang mereka inginkan. Pohon pisang yang bersusun-susun buahnya. Daging burung apapun yang mereka inginkan. Air yang mengalir terus-menerus. Buah-buahan yang amat banyak yang tidak berhenti berbuah dan tidak terlarang mengambilnya.

I was thingking tapi mungkin bayanganku gak bisa nyampe kesana. Allah menjanjikan keindahan yang belum pernah terlintas di pikiran manusiapun kecuali nabi Muhammad yang sudah pernah ke surga dan neraka waktu peristiwa isra miraj. Membayangkan dipan kasur dari emas dan permata. So luxurious! Orang paling ganteng di dunia saja kalau kita diajak ngomong pasti gagal focus, saking terpesonanya akan ketampanannya. Bagaimana dengan bidadari surga yang terpelihara baik, selalu muda, dan bermata indah. Masyallah!

Namun, allah juga menjelaskan akan kekejaman balasan neraka bagi orang-orang yang mendustakan agama allah, diantaranya aku ambil random:

Alangkah sengsaranya golongan kiri itu. Mereka dalam siksaan angina yang sangat panas dan air yang mendidih. Sesungguhnya mereka sebelum itu hidup bermewah-mewah dan terus menerus mengerjakan dosa yang besar. Mereka mendustakan allah dengan tidak meyakini adanya kekuasaan allah.

Makanan di neraka
Pasti kalian akan memakan pohon zaqqum (pohon di neraka). Lalu kalian akan meminum air panas mendidih. Lalu kalian akan meminumnya seperti unta yang amat haus. Inilah hidangan pada hari pembalasan.

Aku sendiri tidak tahu dan belum mencari tahu sih apa itu pohon zaqqum di neraka. Yang pasti allah telah menulisnya di ayat ke 52 surat al waqiah bahwa makanan orang di neraka itu buah pohon zaqqum dan minumannya adalah air yang panas mendidih dan mereka meminumnya bagaikan kehausan seperti seekor unta. Naudzubillah, semoga kita semua termasuk golongan kanan. Amin..

Di dalam surah al waqiah juga dijelaskan tentang mengapa sih orang-orang golongan kiri itu tidak percaya akan kuasa allah, seperti lahir dan mati itu dari allah. Mengapa jika kamu mengira bahwa allah yang menciptakan manusia. Mengapa ketika nyawa dicabut hingga kerongkongan kamu (orang2 yang mendustakan allah) tidak bisa menghidupkan kembali? Mengapa kalian tidak mengambil pelajaran dari orang2 sebelum kamu. Kita minum, airnya juga dari allah. Bisa saja allah menjadikan air menjadi asin sehingga kita tidak dapat meminumnya. Maka mengapa kita tidak bersyukur? Api juga dari allah, sebagai peringatan akan neraka dan didunia ini api juga sangat bermanfaat bagi manusia. Sesungguhnya allah ingin kita bersyukur atas nikmat dan kebesaran sang maha pencipta allah swt.

Itu semua tertulis di dalam alquran, kitab yang terpelihara di lauh mahfuds. Sungguh inilah keyakinan yang benar. Merinding banget akan makna2 yang luar biasa indah dan mengingatkan kita akan kebesaran allah swt. Semoga kita umat akhir jaman termasuk dalam golongan kecil yang  menjadi penghuni surga. Amin amin amin ya robbal alamin..





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Watak secara Teoritis, by dr. Aisyah Dahlan

  Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. Q.S. Al Isra:84 Setiap orang punya 2 jenis watak, yaitu watak dominan dan kombinasi. Watak merupakan program fitrah dari allah. Allah mengilhamkan kebaikan dan kelemahan untuk kita selalu berikhtiar mengatasi kelemahan itu. Watak bisa dibentuk dengan cara didikan dari orang tua dan lingkungan. PHLEGMATIS – Hasrat Damai >> Kekuatan: 1.       Senantiasa berhasrat damai. 2.       Diplomatis. 3.       Tenang dan praktis. 4.       Senang dengan pekerjaan yang rutin. 5.       Dapat diandalkan. 6.       Mengerjakan sesuau dengan rileks dan mencari cara yang mudah. 7.       Menghindari konflik. 8.       Humoris (kadang garing). 9.       Suka mengerjakan satu hal dalam satu waktu. >> Kelemahan: 1.       Sulit mengambil keputusan. 2.       Sering kurang antusias. 3.       Tekad baja tersembunyi. 4.       Energinya habis karena sering

(Pengalaman) Daftar S2 di UNAIR Surabaya prodi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) 2017

Assalamualaikum, kali ini aku akan share pengalamanku daftar di Unair yang mungkin akan jadi one of my unforgettable experience J   Source: google Juni 2014, aku lulus S1 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) jurusan sastra inggris. Alhamdulilah langsung diterima kerja di perusahaan yang bergerak dibidang cargo & marine surveyor. Darisini sebenernya uda ada niatan lanjut S2. Cuma.. aku inginnya biaya sendiri dan alhamdulilah baru terealisasi tahun ini. Jadi selama 2 tahun nunggu itu aku cari2 info mau kuliah dimana, jurusan apa, setelah lulus ngapain, dll.. sambil nabung. Akhirnya mantap di Unair jurusan PSDM. Desember 2016, aku mulai aktif kepoin webnya Unair http://ppmb.unair.ac.id/web/site/magister . sampek uda masuk februari kok belum juga di update nih webnya, masih yang lama yang 2016-2017. Waktu hari sabtu, aku pergi ke unair B soalnya setau aku ada kelas akhir pekan. Nyampe sana aku tanya pak security, katanya kampus libur dan kalo mau cari info soal PPMB bisa

Contoh naskah Public Speaking tentang Healthy Food Healthy Skin

“You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day. Or … Guys, do you want to have beauty and healthy skin like the actress in the video before? Do you think,What does she do? .. yah certainly beauty and healthy skin are strong desire for everyone. A very good morning to the honourable lecturer and friends. Assalamualaikum wr wb My topic today is the important fruits and vegetables for healthy skin. Guys .. who doesn’t want to have beauty and healthy skin? Everyone must want it .. beauty and healthy skin are strong desire for everyone. ( everyone must want beauty and healthy skin, that’s why there is a term “You are what you eat”, This wise word is suitable for us. Because the health of our body starting from head until foot and also our emotional balance are influenced by what we eat every day ) so, how is that healthy skin actually?